09 September 2021

12.PASSIVE INCOME

8 Cara Memulai Usaha Dari Nol, Ini Tipsnya yang Wajib Kamu Tahu!

Berbisnis kini jadi alternatif bagi anak muda yang suka tantangan. Tak selalu sulit, cara memulai usaha dari nol juga bisa kamu lakukan mulai sekarang. Kali ini Ruang meNyala akan bantu kamu dalam menentukan batu pertama untuk melangkah ke dunia entrepreneur. Penasaran gimana caranya? Yuk intip 8 cara memulai usaha dari nol lengkap dengan tips dan alasan kenapa seseorang memulai usaha! 

Alasan seseorang memulai usaha

Akan selalu ada rintangan dan tantangan yang pasti kamu hadapi dalam membangun sebuah usaha. Lantas, kenapa banyak orang malah memutuskan untuk berusaha keras membangun bisnis? Ini berbagai alasan seseorang memulai usaha.

1. Kebebasan dan Keleluasaan

Memiliki usaha sendiri akan membuatmu lebih bebas dan leluasa saat bekerja. Kamu jadi bisa berinovasi ataupun menentukan aturan dalam bisnis pribadimu. Tentu akan berbeda saat bekerja bersama orang lain di kantor. Mau tidak mau kamu harus mengikuti setiap aturan yang berlaku.

2. Terbatasnya Lapangan Kerja 

Tahukah kamu, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia tahun 2021 telah mencapai 8,75 juta jiwa. Keadaan tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan. 

Inilah yang kemudian menjadi alasan seseorang memulai usaha. Tak hanya itu, menjadi seorang pengusaha juga membuatmu memberikan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.

3. Memperoleh Tambahan Penghasilan

Alasan seseorang memulai usaha lainnya ialah untuk menambah penghasilan harian. Kebutuhan pokok yang semakin meningkat setiap harinya terkadang menuntut kamu untuk mencari pemasukan sampingan, kan? Nah, membangun sebuah bisnis bisa menjadi solusinya.

4. Investasi Hari Tua

Bukan cuma sebagai pendapatan tambahan, alasan seseorang memulai usaha juga untuk memiliki investasi jangka panjang. Sebab, saat bisnis yang telah kamu rintis sejak muda sudah berkembang hingga memiliki karyawan, maka di hari tua nanti kamu hanya tinggal menikmati laba dari usaha tersebut.

8 Cara memulai usaha dari nol

Membangun sebuah bisnis dari awal memang bukan hal yang mudah. Tapi tenang saja, ruang meNyala telah rangkumkan bagaimana cara memulai usaha dari nol agar bisnismu bisa sukses di pasaran. Check it out!

1. Tentukan target pasar

Langkah awal memulai usaha ialah dengan menentukan target pasar. Kamu perlu mengetahui siapa saja target pasar dari bisnis yang ingin kamu rintis. Pastikan kalau bisnismu benar-benar dibutuhkan oleh target pasar yang sudah kamu tetapkan. Ini akan membantumu untuk membuat rencana yang lebih matang terhadap bisnis tersebut.

2. Cari peluang

Setelah menentukan target pasar, cobalah cari peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun usaha. Analisis hal apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Selain itu, perhatikan juga trend apa yang sedang ramai dan digemari orang-orang saat ini. Semakin besar peluang, semakin banyak juga cuan yang bisa kamu hasilkan.

3. Tetapkan modal

Sebenarnya, langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha adalah menetapkan modal. Catat dan hitunglah secara terperinci hal-hal apa saja yang akan dibutuhkan nantinya. Sehingga kamu bisa mengetahui berapa jumlah modal yang diperlukan.

Jika ternyata modal yang kamu miliki terbatas,  mulai saja usaha kecil-kecilan terlebih dahulu. Di samping itu, kamu juga bisa menyiasati beberapa hal yang sekiranya dapat menekan modal dan menyesuaikan kemampuan.

4. Lakukan riset untuk siapkan bisnis

Cara memulai usaha dari nol selanjutnya adalah melakukan riset untuk persiapkan bisnis dengan matang. Ini merupakan salah satu langkah awal yang penting saat memulai usaha. Mulai dari riset pasar, keunggulan dan kelemahan kompetitor, kebutuhan, peluang, hingga supplier atau distributor terbaik yang akan kamu jadikan rekan.

Dengan adanya perencanaan yang matang, bisnismu dijamin dapat berjalan dengan lancar dan lebih terencana. Kamu pun jadi bisa menilai kemungkinan usaha tersebut untuk dikembangkan. 

5. Pilih produk atau jasa yang akan ditawarkan

Menentukan produk atau jasa apa yang ingin ditawarkan adalah inti dari proses berbisnis. Pilihlah produk yang akan kamu jual nantinya dengan pertimbangan matang. Akan lebih baik jika produk tersebut adalah passion atau hal yang memang kamu minati. Dengan begitu, kamu akan terus termotivasi dan selalu bersemangat untuk meraih kesuksesan.

6. Rancang pemasukan dan pengeluaran

Mengelola keuangan bisnis tidak hanya dilakukan saat sudah besar saja, melainkan juga sebagai langkah awal memulai usaha. Manajemen keuangan yang baik tentu diperlukan agar bisnis kamu dapat memutar modal hingga memperoleh keuntungan.

Oleh karena itu, rancanglah setiap pemasukan maupun pengeluaran dari proses penjualanmu. Pastikan juga kamu mencatat segala transaksi, ya. Gunakan saja berbagai aplikasi keuangan untuk memudahkanmu merekap segalanya.

7. Buat strategi pemasaran dan bisnis

Cara memulai bisnis yang tak kalah penting adalah dengan membangun strategi pemasaran. Buatlah rencana bagaimana target konsumen dapat mengetahui bisnis kamu, mulai dari mengenal brand, melihat produk, hingga akhirnya membeli.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara, seperti membangun brand beauty dengan logo yang khas, menarik, dan mudah diingat. Lalu, buat juga  sebuah website sebagai  pusat transaksi online, sarana customer support, hingga etalase produk untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

8. Promosikan usaha kamu

Last but not least, promosikan usaha kamu di berbagai platform. Go online adalah salah satu cara yang paling manjur untuk memulai. Sebab, sebelum melakukan pembelian, sekitar 74% konsumen akan mencari produk secara online terlebih dahulu, lho. Oleh karenanya, manfaatkan saja berbagai media sosial dan e-commerce dengan membuat akun resmi bisnis yang terintegrasi bersama Shopee, Lazada, ataupun tokopedia.

Tips memulai usaha

Jika kamu tertarik membangun sebuah bisnis, ada beberapa tips memulai usaha yang mungkin bisa kamu terapkan. Diantaranya: 

1. Minta dukungan orang tersayang

Tips memulai usaha yang pertama adalah dengan meminta dukungan dari orang-orang di sekitar. Dengan support orang tersayang, kamu pasti akan terus semangat dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis tersebut. Bukan hanya membuatmu menjadi lebih optimis, mereka juga tentu akan memberikan saran-saran terbaik agar kamu berhasil.

2. Hari baik untuk memulai usaha dagang

Hari baik untuk memulai usaha dagang pada dasarnya ialah saat kamu sudah melakukan persiapan yang matang. Mulai dari menyiapkan rencana bisnis dan promosi, modal, target, produk, hingga riset pasar. Pastikan kamu sudah benar-benar siap bersaing dan menghadapi tantangan dalam berbisnis.

3. Buat rekening baru untuk bisnis kamu

Membuat rekening khusus untuk bisnis kamu adalah salah satu tips memulai bisnis yang sebaiknya kamu coba. Seperti pada tabungan Nyala yang bisa berikan kamu berbagai tips dan insight keuangan agar lebih optimal.

Ini akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan, dari pemasukan, pengeluaran, atau segala transaksi yang dilakukan. Jangan sampai dana bisnis kamu terpakai untuk keperluan pribadi, ya.

4. Ciptakan, laris dan kembangkan

Tips memulai usaha yang paling penting adalah dengan ciptakan, laris dan kembangkan. Jangan menunda-nunda untuk mewujudkan ide bisnis yang kamu miliki, segera ciptakan usaha tersebut sedini mungkin. Dengan trial and error, kamu bisa membenahi produk kamu untuk dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Namun, tentu semua ini tidak akan terjadi kalau kamu tidak memulainya.

Itu dia berbagai cara memulai usaha dari nol beserta tips dan alasan mengapa kamu harus mencobanya. Tidak ada kata terlambat kok untuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan?

0 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!