15 September 2021

10.INVESTASI

8 Cara Investasi Emas untuk Pemula Terbaru yang Mudah dan Praktis

Akhir-akhir ini generasi millenial sudah cukup sadar akan pentingnya berinvestasi. Dari sekian banyak jenis yang tersedia, emas masih menjadi investasi yang cukup dilirik oleh anak muda. Cara investasi emas pun tidak sesulit yang kamu bayangkan loh. Ada beberapa alternatif metode yang bisa kamu coba.

Kali ini kami akan memberikan panduan lengkap mengenai bagaimana cara investasi emas hingga tips berinvestasi emas agar kamu tidak salah pilih. 

Apa itu investasi emas?

Investasi emas adalah jenis investasi yang paling banyak disenangi oleh para pemula bahkan disenangi oleh ibu-ibu. Investasi emas ini dijadikan primadona karena seperti yang kita tahu, emas memang sudah diminati sejak jaman dahulu.

Emas bisa dikatakan memiliki kenaikan harga yang cukup stabil. Bahkan jika ditahan dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan banyak. Misalkan saja ketika awal pandemi covid-19 terjadi. Pada saat itu harga emas sudah menembus harga Rp1.000.000 per gram. Hal inilah yang menyebabkan emas semakin banyak peminatnya.

Di lain sisi, tentu saja emas memiliki harga yang cukup naik dan turun. Tetapi jika dibandingkan dengan inflasi yang bisa saja terjadi, emas memang masih unggul dari jenis yang lain. Dengan kelebihan emas yang bisa dijadikan safe haven, maka tidak heran, investasi emas masih menjadi favorit masyarakat untuk mulai berinvestasi. 

Berapa modal investasi emas?

Modal untuk berinvestasi emas di zaman sekarang ini tidaklah harus dimulai dengan angka yang besar. Kamu bisa memilih apakah akan berinvestasi dengan membeli emas batangan atau dengan sistem menabung emas.

Untuk investasi emas batangan, umumnya modal minimal yang harus kamu siapkan adalah senilai dengan 1 gram emas. Sedangkan untuk tabungan emas, kamu bisa memulainya dari emas sebesar 0,01 gram atau di angka Rp10.000. Cukup mudah bukan cara investasi emas?

Kapan waktu terbaik untuk investasi emas? 

Seperti yang kita tahu, bahwa harga emas selalu mengalami kenaikan atau bisa saja turun, tergantung kondisi pasar saat itu. Untuk mengetahui kapan waktu terbaik, kamu akan selalu menemukan alasan untuk tidak memulai berinvestasi karena kamu ingin mendapatkan harga yang paling murah.

Tetapi, kita tidak tahu pasti kapan harga emas terendah itu. Maka, waktu terbaik untuk berinvestasi emas adalah hari ini, ketika kamu sudah memiliki tujuan untuk investasi yang kamu lakukan. 

Dimana tempat untuk investasi emas

Berinvestasi emas di jaman sekarang sangatlah mudah dengan adanya kemajuan teknologi. Dulu, ketika kita ingin berinvestasi emas, kita harus membeli ke toko emas atau bahkan sampai datang ke Antam, bank syariah dan konvensional, atau pegadaian. 

Tetapi sekarang, kamu bisa menerapkan cara investasi emas dengan mencari tabungan emas online yang tersedia di internet. Mulai aplikasi investasi hingga beberapa e-commerce sudah menyediakan fitur investasi emas ini. 

Satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu, apakah perusahaan atau aplikasi tersebut sudah diawasi oleh OJK dan memiliki izin yang sesuai atau belum. 



Cara investasi emas untuk pemula 

Bagaimana cara investasi emas untuk pemula? Tak perlu khawatir. Kamu bisa mengikuti rangkaian cara investasi emas di bawah ini agar investasi yang kamu lakukan berjalan efektif.

1. Tentukan tujuan untuk berinvestasi

Cara investasi emas yang pertama adalah kamu harus memiliki tujuan berinvestasi. Perlu diketahui bahwa investasi emas membutuhkan waktu untuk dapat menghasilkan keuntungan. Umumnya, jenis ini termasuk dalam investasi jangka menengah dengan durasi waktu 2 hingga 5 tahun. Dari tahun ke tahun, harga emas pun akan selalu naik. 

Ketika tahu tujuannya, kamu akan lebih bersabar dan menunggu kapan waktu yang tepat untuk menjual investasi tersebut. Tuliskan juga berapa lama kamu akan berinvestasi dan berapa target nominal yang kamu harapkan. 

2. Membuka akun investasi emas

Saat kamu ingin berinvestasi emas pada sebuah aplikasi, maka kamu wajib membuka akun baru. Atau jika kamu memilih berinvestasi secara langsung di pegadaian atau bank, kamu perlu membuka rekening terlebih dahulu.  

3. Disiplin setiap bulan untuk Top Up Investasi

Ketika akan berinvestasi, cara investasi emas yang kedua adalah dengan disiplin untuk top up tabungan investasimu. Jika tidak, maka investasi kamu tidak akan berkembang dan kurang efektif. Sisihkan sebagian pemasukanmu untuk tabungan investasi emas setiap bulannya. Tunggu hingga nilai itu berkembang sesuai tujuan awal kamu. 

Tips investasi emas

Setelah tahu langkah-langkah berinvestasi emas, selanjutnya kamu harus tahu tips berinvestasi emas, supaya investasi emas yang kamu lakukan ini efektif dan juga efisien.

1. Sesuaikan kemampuan

Ketika akan berinvestasi emas, kamu pasti akan bingung memilih cara investasi emas mana. Apapun pilihan yang kamu pilih, pilihlah cara investasi emas yang sesuai dengan kemampuan keuangan kamu.

Jika kamu tidak sanggup berinvestasi sebesar 1 gram emas per bulan, maka jangan memaksakan untuk berinvestasi emas batangan. Kamu bisa memilih cara investasi emas secara menabung dengan berat gram yang lebih kecil, sehingga lebih terjangkau.

2. Rajin berinvestasi

Kebiasaan para milenial ketika mendapatkan uang lebih atau bonus adalah menggunakannya untuk membeli keinginan mereka. Jika serius untuk berinvestasi, gunakan uang tersebut untuk menambah nilai tabungan emas kamu. Dengan begitu kamu bisa membuat investasi kamu lebih cepat mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai.

3. Jika sudah mencapai tujuan keuangan, cairkan

Ketika investasi emas sudah mencapai tujuan, apakah sebaiknya didiamkan atau dicairkan saja? 

Jika dirasa sudah sesuai target, ada baiknya kamu mencairkan investasi emas tersebut dan pindahkan ke investasi yang nilainya tidak se fluktuatif emas. Karena jika kamu diamkan, ada kemungkinan harga emas dapat turun sewaktu-waktu.

4. Jangan serakah

Ketika kamu berinvestasi dan sudah mendapatkan keuntungan di luar apa yang kamu harapkan, janganlah serakah. Sebaiknya stick to the plan, kamu jangan langsung menyimpan uang kamu dalam satu investasi saja, sebaiknya kamu menyimpan investasi kamu di beberapa wadah. Sehingga, jika terjadi penurunan nilai, kamu tidak akan merasa rugi.

--

Cara investasi emas di atas ditujukan bagi pemula yang ingin mulai berinvestasi. Perlu kamu ingat kalau emas termasuk ke dalam jenis investasi jangka panjang dengan waktu minimal 5 tahun. Jadi, kunci utama yang kamu bisa terapkan adalah bersabar dan berinvestasi secara konsisten.

Namun jika kamu ingin mencari rekomendasi investasi lain yang sesuai dengan keuangan kamu, coba cek reksadana apa yang cocok untuk mu. Main quiz Kenali reksadana yang cocok untukmu sekarang!

0 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!