Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Tanda Lingkungan Kerja yang Baik dan Ideal bagi Karyawan

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 11 April 2024 | 30256 dilihat

Article Detail

Menciptakan lingkungan kerja yang baik dalam sebuah perusahaan sangat penting dilakukan untuk menunjang kualitas kerja karyawan. Karena nyatanya, lingkungan kerja toxic dapat berpengaruh buruk pada produktivitas hingga mental para pekerja.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui apakah kamu sudah berada dalam lingkungan kerja yang baik dan ideal bagi karyawan? Yuk ketahui jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini sampai tuntas!

Kriteria Lingkungan Kerja yang Baik

Berikut ini adalah 5 kriteria lingkungan kerja yang baik dan sehat.

1. Manajemen yang Baik

Salah satu indikator dari kriteria lingkungan kerja yang baik adalah dilihat dari manajemennya. Pihak ini dianggap paling mampu memengaruhi atau menciptakan kondisi dan situasi dalam perusahaan.

Ketika manajemen suatu perusahaan bekerja dengan tidak baik, maka akan mengakibatkan turnover rate yang tinggi. Di mana hal tersebut dapat membuat karyawan merasa kurang nyaman dan pekerjaannya pun menjadi kurang maksimal.

Sebagai catatan, manajemen baik adalah pihak yang mampu mengendalikan konflik kerja antar pekerjanya, dan terbuka dengan segala gagasan maupun pendapat.

2. Dukungan Antar Rekan Kerja

Selain manajemen, sehatnya hubungan antar rekan kerja juga merupakan salah satu contoh lingkungan kerja yang baik. Sebab, dengan adanya komunikasi dan juga jalinan pertemanan antar pekerja dinilai dapat menciptakan kondisi nyaman serta  menyenangkan dalam perusahaan.

Dukungan antar rekan kerja juga dapat tercapai melalui pemberian apresiasi berupa penghargaan dan sebagainya. Melalui kegiatan-kegiatan ini para karyawan akan merasa senang dan semakin terpacu untuk lebih maksimal dalam bekerja.

3. Bersih dan Nyaman

Seperti yang kita tahu, manfaat lingkungan kerja yang baik adalah dapat meningkatkan produktivitas dari para karyawannya.

Caranya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan ruangan yang bersih, tidak berdebu, rapih, dan lain sebagainya. Sebab, kondisi dari tempat kamu bekerja juga dapat memengaruhi produktivitas serta kesehatan fisik maupun mental. 

4. Memiliki Akses Air Bersih

Hal penting dari cara menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah dengan menyediakan akses air bersih. Mengingat hal tersebut sangatlah penting untuk menunjang kegiatan para pekerja setiap harinya, mulai dari mencuci tangan, minum, hingga toilet.

Ketika suatu lingkungan memiliki akses air yang buruk, maka dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dan menurunkan produktivitas serta semangat kerja dari para karyawan. Sebab, kondisi tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya virus, bakteri, maupun kuman.

5. Adanya Personal Space

Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah melalui penyediaan personal space untuk para karyawannya.

Pemberian ruang pribadi ini dapat memberikan dampak positif bagi para pekerja. Sebab, mereka akan lebih mudah memperoleh ide-ide baru di tempat dengan suasana tenang, dibandingkan yang ramai dan sesak.

Menempatkan terlalu banyak pekerja dalam satu ruang hanya akan mengakibatkan ketidaknyamanan. Sebab, hal ini berisiko menyebabkan suasana akan menjadi sangat berisik dan gaduh. 

Baca juga: Ikigai Adalah: Konsep, Komponen, dan Contoh Penerapannya

Ciri-Ciri Lingkungan kerja yang Baik

Terdapat beberapa karakteristik yang dinilai mampu memberikan gambaran tentang bagaimana contoh lingkungan kerja yang baik, antara lain sebagai berikut.

1. Produktivitas yang Baik dan Stabil

Produktivitas selalu menjadi indikasi kesuksesan dari usaha tersebut. Banyaknya distraksi pada sebuah instansi tentu dapat memperlambat laju perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkannya.

Maka dari itu, guna menghindarinya, perusahaan diharuskan untuk selalu bisa menciptakan lingkungan yang nyaman bagi para pekerjanya.

2. Keterbukaan Komunikasi

Sejak dahulu, pola komunikasi satu arah yakni dari atas ke bawah seringkali diterapkan di berbagai perusahaan. Namun seiring dengan perkembangan waktu, sistem ini sudah mulai ditinggalkan. 

Kebebasan dalam menyampaikan pendapat terutama pada atasan dinilai mampu menunjukkan bahwa perusahaan tersebut merupakan salah satu contoh penggambaran lingkungan kerja yang nyaman bagi para karyawannya.

3. Saling Menghargai

Ciri-ciri lingkungan kerja yang baik juga dapat ditandai dengan adanya sikap saling menghargai antar rekan kerja, baik itu sesama, atasan, maupun bawahan.

Pemberian apresiasi pada karyawan juga dinilai sebagai salah satu cara untuk menghargai kinerja mereka selama ini. Hal tersebut nantinya juga akan mempengaruhi loyalitas para pekerja pada perusahaan.

4. Peluang Berkembang

Contoh lingkungan kerja yang baik adalah tempat di mana para pekerja dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka, bahkan meningkatkannya. Melalui pengembangan diri dari para karyawannya inilah, perusahaan juga dapat ikut berkembang dalam meraih kesuksesannya.

5. Energi Positif

Energi positif dari para pekerja juga merupakan salah satu manfaat lingkungan kerja yang baik. Sebab, optimisme perlu dibangun agar setiap karyawan dapat fokus pada solusi dan bagaimana penyelesaian masalah tersebut.

6. Dukungan Perusahaan

Dukungan dari perusahaan, baik itu berupa kenaikan gaji, bonus tahunan, hadiah dan lain sebagainya, juga merupakan salah satu cara menciptakan lingkungan kerja yang positif.

7. Work-Life Balance

Bagi para millennial, contoh lingkungan kerja yang baik adalah tempat seimbang atau sering disebut sebagai work life balance. Artinya, antara kehidupan personal dan profesional harus bisa berjalan beriringan, tanpa perlu mengorbankan salah satunya.

Nah, itulah ulasan mengenai ciri-ciri lingkungan kerja yang baik. So, apakah kamu sudah mendapatkannya saat ini?

Karakter setiap orang memang berbeda, namun tak bisa dipungkiri bahwa kondisi lingkungan kerja sangat berpengaruh pada produktivitas dan kebahagiaan saat melakukan pekerjaan.

Berbicara mengenai produktivitas dan kualitas kerja, tentunya kesehatan mental cukup penting untuk dijaga. Di mana salah satunya dengan mencapai work life balance.

Baca juga: Apa itu Frugal Living? Ini Dia Manfaat & Tips Menjalaninya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya