Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dan Tipsnya Bagi Pemula

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 05 April 2024 | 611 dilihat

Article Detail

Di era digital ini, penggunaan social media serta platform streaming video sudah seperti salah satu kebutuhan pokok, terutama di kalangan remaja dan milenial. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak orang mulai memikirkan kemungkinan meraup rezeki dari fenomena ini. Salah satunya adalah dengan mencari tahu cara mendapatkan uang dari YouTube.

Seperti yang kita tahu, platform streaming satu ini digunakan oleh jutaan orang hampir tiap harinya. Baik untuk belajar, hiburan, maupun menonton music video. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu mencari cara mendapatkan uang dari YouTube pemula agar makin cuan.

Untuk mengetahui caranya, yuk simak artikel Ruang meNYALA berikut ini!

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Cara mendapatkan uang dari YouTube dapat Anda mulai dari berbagai jalan, yakni sebagai berikut.

1. Adsense

Bisa dibilang, iklan atau adsense adalah cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling familier dan seringkali ditargetkan oleh para Youtubers. Selain itu, persyaratannya pun cukup mudah, yakni pemilik akun telah berusia minimal 18 tahun.

Agar bisa menaruh adsense di akun YouTube, kamu biasanya harus memiliki jumlah subscribers dan viewers sesuai ketentuan serta rutin mengunggah video dengan durasi tertentu.

2. Super Stickers dan Super Chat

Selain adsense, super stickers dan super chat juga bisa menjadi alternatif cara mendapatkan uang dari YouTube. Fitur ini biasanya muncul ketika kamu melakukan siaran langsung di kolom komentar, tepat ketika premiere dimulai.

Tidak perlu teknik khusus untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyampaikan kontenmu seperti biasa dan jika ada penonton yang tertarik, mereka akan membelinya.

3. Galeri Merchandise

Jika kamu telah berusia 18 tahun dan memiliki 10 ribu subscriber, ada satu lagi cara mendapatkan uang dari YouTube, yakni melalui galeri merchandise. Masukkan tawaran-tawaran produk berkualitas ke dalam videomu agar semakin banyak orang tertarik untuk membelinya.

4. Pendapatan Melalui YouTube Premium

Cara menghasilkan uang dari YouTube berikutnya adalah dengan membuat konten-konten premium yang hanya dapat disaksikan oleh pengguna berbayar. Jadi, pendapatanmu bisa meningkat tiap kali penonton melakukan pembayaran tiap bulannya.

 

Tips Mendapatkan Uang dari YouTube untuk Pemula

Jika kamu masih pemula dan hendak memulai karir sebagai Youtuber, gunakan tips berikut ini sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube.

1. Lihat Peluang Monetisasi

Prosedur monetisasi dan apa saja objek yang dapat menghasilkan uang seringkali berubah-ubah tergantung kebijakan YouTube. Nah, kamu harus selalu up to date terhadap semua sumber informasi agar mampu menjemput lebih banyak peluang monetisasi.

2. Perhatikan Konsep Video

Ketika membuat konten, pastikan kamu telah merancang konsep terlebih dahulu dan mengeksekusinya dalam video. Mengapa demikian? Tentu saja agar penonton tidak menganggap kontenmu ambigu sehingga mereka akan tertarik saat menontonnya.

3. Buat Konten yang Bermanfaat

Cara mendapatkan uang dari YouTube tidak selalu melalui konten-konten viral. Membuat video berisi informasi atau tips yang bermanfaat jauh lebih baik dan akan membuat channel-mu memiliki reputasi unggul. Dengan demikian, loyalitas penonton juga tinggi.

4. Lakukan Promosi

Jangan lupa mempromosikan konten YouTube-mu kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman melalui media sosial maupun secara langsung. Ajak mereka untuk memberikan like, subscribe, dan membagikan videomu.

5. Interaksi dengan Subscribers

Lakukan interaksi dengan mereka yang telah berlangganan channel Youtube-mu dengan cara saling berbalas komentar atau meminta rekomendasi konten sesuai topik yang banyak disukai.

 

Syarat Mendapatkan Uang dari Youtube

Selain cara-cara mendapatkan uang dari YouTube, perhatikan beberapa syarat di bawah ini agar kontenmu dapat dimonetisasi.

1. Sudah Melakukan Verifikasi

Lakukan verifikasi channel YouTube menggunakan nomor HP yang digunakan untuk mendaftar. Akun terverifikasi akan mendapat kemudahan dalam mengunggah konten berdurasi di atas 15 menit, thumbnail custom, live streaming, dan banding atas klaim konten ID.

2. Minimal 1.000 Subscriber

Agar cara mendapatkan uang dari YouTube berupa adsense dapat kamu lakukan, subscriber channel YouTube-mu harus mencapai 1.000 orang. Jumlah ini menunjukkan bahwa akunmu telah memiliki pasar tersendiri sehingga pihak pengiklan optimis bahwa iklan mereka akan mencapai banyak target.

3. Total 4.000 Jam Waktu Tonton

Lantas, berapa viewer agar dapat uang dari YouTube? Minimal akunmu harus mampu meraih 1.000 penonton dengan total waktu penayangan selama 4.000 jam. Ketentuan ini akan menunjukkan bahwa subscriber-mu memang aktif.

4. Jangan Spam atau Re-Upload

Jangan melakukan spamming menggunakan bot atau re-upload dengan akun lain kecuali telah mengantongi lisensi Creative Commons (CC).

5. Patuhi Ketentuan Konten

Syarat mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan mematuhi ketentuan konten, yakni menghindari penggunaan potongan video, musik, atau gambar yang memiliki hak cipta. Selain itu, hindari penggunaan kata-kata kasar atau adegan tidak senonoh.

Cara Mengambil Uang dari YouTube

Setelah mengetahui cara-cara mendapatkan uang dari YouTube, ketahui juga langkah-langkah penarikan dananya sebagai berikut.

  1. Isikan informasi pajak.
  2. Konfirmasi informasi pribadi seperti nama, alamat, email, dan data diri lainnya.
  3. Pilih metode pembayaran, akan melalui transfer bank, transfer dana elektronik, dan sebagainya.
  4. Pastikan telah mencapai minimum pembayaran yang akan dibayarkan pihak YouTube kepadamu.

 

Nah, itu tadi penjelasan Ruang meNYALA mengenai cara-cara mendapatkan uang dari YouTube. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Persiapkan kontenmu dengan baik, ya!

Jika sudah berhasil monetisasi, jangan lupa untuk kelola keuanganmu dengan baik dan pantau selalu di Financial Fitness Check Up. Kamu juga bisa lho konsultasi dengan pakar keuangan terpercaya di Financial Fitness Trainer! Yuk coba sekarang!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya