Logo Ruang Menyal
Bg Block

7 Aplikasi Investasi Emas Online yang Aman dan Mudah Dipakai

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 17 Januari 2022 | 353 dilihat

Article Detail

Inovasi pada investasi emas dewasa ini memungkinkan orang untuk tidak menyimpan logam mulia secara fisik. Ya, investasi emas tersebut dikenal dengan investasi emas online. Nah, dalam investasi online berikut, kamu bahkan bisa melakukan pembelian mulai dari 0,1 gram saja. Menarik, bukan?

Apabila kamu ingin tahu lebih lanjut seputar investasi emas online, yuk cek ulasan kami di bawah ini. Ada beberapa aplikasi rekomendasi untuk kamu para pemula. Check it out!

Apa itu investasi emas online?

Investasi emas adalah salah satu instrumen yang populer di kalangan masyarakat dari dulu bahkan hingga sekarang. Hal tersebut lantaran harga emas cenderung terus naik tiap tahunnya dan tahan akan gerusan inflasi.

Beruntungnya, kini kamu dapat melakukan investasi emas online, lho! Jika dulu orang-orang harus pergi ke Butik Emas Logam Mulia untuk membelinya, kini hanya dengan perangkat smartphone dan koneksi internet saja kamu sudah bisa investasi emas secara daring atau online.

Kamu dapat berinvestasi emas secara online melalui web resmi Logam Mulia Antam di logammulia.com yang juga menerima layanan untuk mengirimkan emasnya ke lokasi kamu. Atau, kamu bisa investasi emas online melalui berbagai aplikasi investasi atau e-commerce yang kini semakin marak menyediakan emas sebagai salah satu produk investasinya.

Keuntungan investasi emas online

Selain memiliki risiko rendah karena tahan gerusan inflasi, terdapat beberapa keuntungan investasi emas online lainnya, lho! Berikut telah kami rangkum keuntungan investasi emas, di antaranya:

1. Cocok untuk pemula

Seperti yang telah disebutkan, investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi dengan risiko kecil dan harganya pun relatif stabil. Ketahanannya terhadap gerusan inflasi juga dijadikan sebagai hedging atau aset lindung nilai.

Maka dari itu, investasi emas cocok menjadi instrumen bagi pemula yang baru ingin terjun dalam dunia investasi.

 

2. Harga terjangkau

Dengan investasi emas secara online, kamu juga bisa membelinya dengan harga yang lebih terjangkau. Di beberapa aplikasi atau e-commerce bahkan telah menyediakan layanan investasi emas mulai harga Rp5.000 saja.

3. Mudah memantau pergerakan harga

Keuntungan investasi emas online lainnya adalah kamu dapat memantau pergerakan emas secara real-time dan kapan saja. Kini, sudah banyak platform maupun aplikasi yang juga menyediakan fitur untuk melihat pergerakan harga emas.

Hal tersebut tentunya akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar mendapat untung maksimal.

Aplikasi investasi emas online terdaftar di OJK

Salah satu cara investasi emas online yang aman adalah dengan memastikan bahwa kamu memilih platform atau aplikasi terpercaya dan secara resmi telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Nah, jika kamu sudah mantap ingin terjun ke dalam dunia investasi emas, berikut telah kami rangkum rekomendasi 10 aplikasi investasi emas online.

1. Pegadaian Digital

Di bawah naungan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Pegadaian Digital merupakan pelopor investasi emas online di Indonesia dan sudah lebih dari 1 juta pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

Cara investasi emas online melalui Pegadaian Digital mirip dengan sistem menabung pada umumnya. Kamu dapat membuka rekening tanpa biaya dan bebas biaya penitipan emas dalam satu tahun pertama.

Maka dari itu, mereka juga biasa mempromosikan layanannya dengan istilah “menabung emas”. Kamu bisa membeli emas melalui Pegadaian Digital mulai dari 0,01 gram saja dan untuk pencairannya minimal 1 gram.

2. Indogold

Sebagai perusahaan investasi yang telah berdiri sejak 1978, Indogold dapat menjadi alternatif untuk investasi emas secara online dengan hanya bermodalkan Rp10.000 saja.

Untuk pencairannya, Indogold menyediakan dua opsi, yaitu dalam bentuk buyback (uang tunai) maupun berupa emas batangan murni milik Antam atau UBS. Opsi pembayarannya juga bisa kamu lakukan melalui bermacam-macam dompet digital.

3. Tokopedia Emas

Bekerjasama dengan Pegadaian, Tokopedia melebarkan sayapnya sebagai marketplace yang juga menyediakan layanan investasi emas. Semua emas hasil investasi penggunanya tersebut akan disimpan di Pegadaian.

Cara investasi emas online di Tokopedia pun mudah, bahkan biaya minimal top up-nya hanya sebesar Rp5.000 saja. Selain itu, kamu juga bisa mencairkannya kapanpun ketika dibutuhkan.

4. BukaEmas

Selanjutnya adalah layanan investasi emas dari Bukalapak. Menggaet Indogold sebagai partner kerjasama, BukaEmas mempunyai minimal investasi paling rendah dibandingkan platform lainnya, yaitu 0,0001 gram emas atau hanya sebesar Rp100 perak saja.

BukaEmas juga memungkinkan kamu untuk mencetak langsung tabungan emas tersebut melalui pengajuan langsung dan akan dikirim ke alamatmu, lho!

5. Shopee

Aplikasi selanjutnya masih dari platform marketplace, yaitu Shopee. Sama dengan Tokopedia, Shopee juga bekerjasama dengan Pegadaian dalam mengoperasikan layanan investasi emas online untuk sistem penyimpanannya.

Selain minimal nominal top up rendah, kamu juga dapat melakukan jual beli emas secara mudah dan sesuai dengan harga emas di Pegadaian.

6. DANA eMas

Selanjutnya ada DANA sebagai platform dompet digital yang menyediakan layanan investasi emas melalui fitur eMas. DANA bekerjasama dengan Pluang di bawah naungan PT PG Berjangka dan telah terdaftar pada Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Cara investasi emas online di eMAS ini khusus bagi pengguna premium DANA dengan melakukan verifikasi KTP dan foto diri. Setelah itu, kamu sudah dapat melakukan transaksi emas mulai dari 0,01 gram emas atau sekitar Rp10.000 saja.

Semua emas yang telah diinvestasikan tersebut disimpan dan dijamin oleh KBI (Kliring Berjangka Indonesia).

7. Pluang

Aplikasi untuk investasi emas online berikutnya adalah Pluang yang telah berafiliasi dengan aplikasi lainnya seperti DANA eMAS (DANA), BukaEmas (Bukalapak), dan GoInvestasi (Gojek). Selain emas, kamu juga bisa berinvestasi cryptocurrency di aplikasi ini.

Nah, itu dia penjelasan seputar pengertian, keuntungan, hingga beberapa contoh aplikasi investasi emas online terdaftar di OJK. Bisa dikatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang aman dilakukan pada jangka panjang karena tahan terhadap inflasi. Tertarik untuk mencoba?

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya