Logo Ruang Menyal
Bg Block

6 Strategi Jitu Biar Kamu Nggak Boros Pengeluaran Makan!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 31 Mei 2022 | 406 dilihat

Article Detail

Ngomongin tentang keuangan memang tidak jauh-jauh dari namanya pengeluaran. Nah, dalam pengeluaran yang biaya paling besar biasanya adalah anggaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti tempat tinggal, transportasi dan biaya makan. Tapi kamu nyadar nggak sih, kalau anggaran makan sehari-hari kita paling mudah untuk dikendalikan loh agar bisa lebih hemat. 

Nah, biar sobat Nyala bisa lebih hemat dengan mengubah pengeluaran makan kamu, ini dia 5 cara agar kamu bisa lebih hemat dan mengatur biaya makan kamu! 

1.        Kurangi Intensitas Pergi ke Supermarket 

Ketika belanja, pastinya kamu memerlukan daftar belanja agar kamu tahu apa yang kamu perlukan untuk memenuhi kebutuhan kamu selama satu bulan. Tapi, jika kamu sering pergi ke supermarket, tanpa kamu sadari kamu akan menghabiskan banyak uang karena akan ada pembelian impulsif di luar daftar belanja yang sudah kamu siapkan. 

Kamu juga bisa mengganti tempat belanja ke pasar tradisional, selain harganya lebih murah, kamu akan lebih fokus untuk belanja sesuai daftar yang sudah kamu buat. 

2.        Membuat Perencanaan Makan 

Agar bisa lebih hemat, kamu bisa membuat perencanaan biaya makan sebagai strategi. Kamu bisa membuat perencanaan biaya makanan apa saja yang akan kamu makan selama seminggu kedepan. 

Jadi kamu akan membeli makanan yang sesuai dengan biaya yang sudah kamu siapkan. Jika kamu senang untuk melakukannya, itu akan secara otomatis membuat kamu menjadi disiplin dalam membuat perencanaan dan tidak akan keluar dari perencanaan tersebut. 

 

3.     Membeli Dalam Jumlah Besar 

Membeli barang dengan jumlah yang besar tentunya memiliki harga yang berbeda dengan membeli dengan jumlah satuan, dan biasanya akan lebih murah. Kamu bisa menggunakan keuntungan ini untuk berhemat, dengan membeli dengan jumlah yang besar makanan kering dan tahan lama. Alhasil kamu bisa menghemat untuk tidak membeli bahan makanan tersebut selama 2 bulan kedepan.  

4.     Membuang Makanan Sama Dengan Membuang Uang  

Walaupun kamu membeli makanan dalam jumlah besar, kamu juga harus memastikan makanan tersebut adalah yang benar yang kamu butuh dan kamu pakai untuk sebulan atau dua bulan kedepan agar tidak terbuang. 

Karena dengan membuang makanan, kamu sama saja membuang uang kamu. Bukannya semakin hemat, kamu malah akan semakin boros karena membuang makanan yang sudah kamu beli.  

5.     Jangan Terlalu Sering Makan Di Luar 

Makan di luar seperti di restoran atau café boleh-boleh saja karena kita juga perlu suasana yang baru. Tapi, kamu bisa jangan terlalu sering untuk makan di luar karena, untuk makan di luar akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

Sebaiknya kamu juga memberi perencanaan baiaya untuk makan di luar, agar tidak keluar sesuai budget yang sudah kamu siapkan. 

 

6.  Jangan Lupa Mencatat Pengeluaran Makan Kamu

Banyak orang yang sering lupa mencatat pengeluaran makan mereka, karena merasa terlalu kecil atau bahkan memang tidak terbiasa mencatat pengeluaran. Ada baiknya, mulai sekarang kamu mencatat pengeluaran makan kamu.

Jika kamu bingung dalam pencatatan, tenang saja! Dengan memiliki rekening di ONE Mobile, kamu bisa melihat pengeluaran kamu dari hari pertama kamu membuka rekening tanpa harus repot-repot mencetak rekening koran. Yuk Tunggu apalagi, kamu bisa cek promonya untuk kemudahan kamu dalam mengelola keuangan.  

Nah, gimana Sobat Nyala tips untuk mengendalikan biaya terbesar yaitu biaya makan? bisa kamu langsung praktekin ya Sobat Nyala, kamu bisa berhemat deh!

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya