Logo Ruang Menyal
Bg Block

5 Tips Manajemen Usaha untuk Kembangkan Bisnis, Wajib Tahu!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 15 April 2024 | 6215 dilihat

Article Detail

Memiliki sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang baik. Oleh karena itu, setiap bisnis membutuhkan manajemen usaha untuk mengatur semua kegiatan di dalamnya. Penyusunannya yang baik tentu akan membawa roda bisnis berputar baik untuk mencapai target.

Pengertian manajemen usaha adalah setiap upaya untuk mengkoordinasikan proses berjalannya suatu bisnis melalui perencanaan matang. Lantas, apa saja tips, strategi, dan contoh manajemen usaha? Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Pengertian Manajemen Usaha

Pengertian manajemen usaha adalah salah satu kegiatan perencanaan dalam bisnis yang dilakukan untuk mencapai target bisnis. Hampir setiap kegiatan dan elemen usaha diatur secara mendetail dan teliti dalam perencanaan ini. Proses pengaturan manajemen bisnis yang baik akan membawa pada pencapaian dan peningkatan usaha secara signifikan. Oleh karena itu mulai dari kalkulasi keuntungan sampai estimasi risiko perlu diperhitungkan dalam proses ini.

Secara sederhana, manajemen usaha adalah upaya antisipasi terhadap segala bentuk kemungkinan dalam bisnis. Analisa kompetitor dan kemungkinan terjadinya perubahan yang mempengaruhi produksi adalah beberapa hal penting yang juga perlu dipertimbangkan. Jadi, semua jenis bisnis mulai dari level kecil sampai besar harus menerapkan manajemen usaha. 

Fungsi 

Penyusunan manajemen usaha jelas bukan tanpa signifikansi. Berikut beberapa fungsi utamanya:

Planning (Perencanaan)

Fungsi perencanaan mengacu upaya perusahaan untuk menyusun strategi dan langkah-langkah dalam mencapai tujuan bisnis. 

Organizing (Pengorganisasian)

Manajemen usaha juga berperan penting untuk mengatur sumber daya yang ada di dalam perusahaan, baik sumber daya manusia maupun sumber bahan baku. Pengoptimalan elemen ini tentu akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Direction (Pengarahan)

Pengarahan adalah upaya untuk mencapai lingkungan kerja yang efektif dan efisien. Demi mencapai tujuan ini, maka manajemen usaha juga perlu mengatur langkah-langkah untuk menciptakan hal ini.

Controlling (Pengendalian)

Fungsi pengendalian bertujuan untuk mengatur pola kerja dan bisnis sesuai dengan standar yang telah diatur. Pengendalian juga menjadi salah satu cara evaluasi efektif dan obyektif. 

Tips Jitu Manajemen Usaha 

Pada umumnya, pokok bahasan dalam manajemen usaha menyangkut hal dasar namun krusial pada sebuah bisnis. Sehingga, penyusunannya membutuhkan analisa detail untuk membantu proses tercapainya target. Berikut tips jitu yang menyangkut penyusunan aspek manajemen usaha:

Menetapkan Tujuan Bisnis dengan Jelas

Sebesar apapun perusahaan yang akan kamu bangun dan sebanyak apapun modal untuk membangunnya tetap akan hilang dalam sekejap tanpa tujuan jelas. Sebelum memulai usaha, kamu harus bisa mendeskripsikan tujuan bisnis secara jelas. Banyak pebisnis menyebut hal ini sebagai pitch line. Makna dari pitch line adalah menjelaskan sebuah usaha dalam paragraf ringkas yang memuat tujuan dan apa inti dari bisnis tersebut.

Sederhananya, manajemen usaha adalah panduan membangun sebuah bisnis. Memulai penyusunannya dari tujuan adalah langkah paling awal. Di bagian ini, kamu perlu menjelaskan visi dan misi serta konsep yang akan diimplementasikan. Fondasi yang kuat tentu akan membawa pada proses usaha yang efektif dan efisien.

Menetapkan Strategi Pemasaran

Dunia bisnis merupakan area dinamis dimana perubahan minat dan tren pasar bisa berubah kapan saja. Tips pemasaran dalam manajemen usaha adalah proses pemetaan target pasar, cara pendekatan target konsumen, dan pemilihan alat atau model pemasaran yang tepat. 

Dalam elemen strategi pemasaran, kamu perlu menguraikan kebutuhan dari konsumen dan bagaimana hal ini bisa teratasi oleh produk atau jasa dari usaha yang kamu bangun. Penetapan strategi pemasaran tepat akan memudahkan proses membangun citra sebuah usaha. 

 

Merekrut karyawan yang Profesional dan Kompeten

Sumber daya manusia adalah salah satu elemen pokok dalam bisnis. Memiliki karyawan yang profesional dan kompeten pada bidangnya akan meningkatkan perkembangan usaha ke arah yang semakin baik. Dapatkan karyawan yang mampu menjalankan tugas dan memberikan kualitas kerja baik. 

Hal ini tentu menjadi salah satu upaya menyusun manajemen yang efektif untuk diimplementasikan. Karyawan berkualitas adalah kunci membawa target bisnis menjadi kenyataan. 

Perencanaan Keuangan yang Matang

Keuangan menjadi bagian vital saat menjalankan sebuah bisnis. Salah langkah dalam pengelolaannya bisa berakibat fatal pada bangkrutnya usaha tersebut. Oleh karena itu, penyusunan manajemen usaha adalah salah satu upaya untuk membentuk sistem keuangan yang sehat dan optimal. 

Tanpa perencanaan keuangan yang matang, seringkali sebuah bisnis harus menanggung kerugian. Padahal dalam nyatanya, sebuah usaha tidak selalu mendapat keuntungan. Cermat dalam mengatur keuangan menjadi kunci berputarnya roda bisnis secara terus menerus. 

Memanfaatkan Teknologi

Teknologi ada untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam meningkatkan produktivitas bisnis.Tidak semua jenis alat canggih dan terbaru digunakan untuk proses produksi. Pastikan untuk memilih alat yang tepat untuk memudahkan jalannya usaha. 

Contoh Manajemen Usaha

Nah, agar mendapat gambaran yang lebih jelas lagi mengenai manajemen dalam usaha, berikut telah kami rangkum beberapa contohnya untuk kamu.

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Contoh manajemen usaha dalam ini berupaya untuk mengatur hubungan setiap orang yang ada dalam sebuah bisnis. Hal ini terkait dengan peran setiap individu untuk mengoptimalkan kompetensinya secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan bersama.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah rangkaian strategi yang disusun untuk mempertahankan eksistensi bisnis dalam pasar. Hal ini termasuk dalam upaya meningkatkan laba dan mengoptimalkan sumber daya dalam perusahaan.

Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah salah satu contoh manajemen usaha yang berperan untuk mengatur kegiatan produksi secara optimal untuk menghasilkan hasil maksimal. Dalam prosesnya, pihak terkait berupaya agar barang atau jasa sesuai dengan standar yang telah direncanakan.

Manajemen Keuangan

Contoh manajemen usaha dalam hal keuangan meliputi kegiatan penyusunan, perencanaan, anggaran, pengalokasian, pemeriksaan, dan penyimpanan uang perusahaan. Pada bagian ini, kegiatan yang dilakukan adalah memastikan bahwa setiap kegiatan bisnis telah sesuai dengan penetapan anggaran. Sehingga semuanya berjalan secara ekonomis dan terukur berdasarkan profit. 

Kesuksesan manajemen keuangan di suatu perusahaan tentu merupakan salah satu hasil dari keefektifan laporan keuangan. Jadi, kamu harus pastikan bahwa perusahaan sudah membuat laporan keuangan yang tepat.

Selebihnya tentang hal ini dapat kamu simak pada artikel Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang sudah sempat Ruang meNYALA bahas beberapa waktu lalu.

Manajemen Informasi

Manajemen informasi adalah upaya mempertahankan keberadaan bisnis melalui sifat kolektif dan informatif terhadap perkembangan berita. Bagian ini menyangkut relasi dan bagaimana kondisi pasar bisa mempengaruhi kegiatan internal perusahaan. Oleh karena itu, proses ini biasanya melibatkan sistem pakar dan sistem informasi eksekutif dalam pengambilan keputusan.

Manajemen Strategis

Manajemen strategis mengacu pada kemampuan untuk melakukan evaluasi terhadap setiap kegiatan bisnis. Sesuai namanya, bagian ini berfungsi untuk selalu menetapkan langkah-langkah strategis dalam proses mencapai tujuan. Biasanya, upaya dalam manajemen strategis mengacu pada pengembangan kebijakan, pengalokasian sumber daya, dan perencanaan sasaran bisnis.

Manajemen Operasi

Operasi atau proses produksi membutuhkan proses perencanaan yang matang. Proses ini menentukan barang atau jasa yang dihasilkan untuk ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa produk usaha sesuai dengan standar. Selain itu, manajemen produksi juga mencakup manajemen logistik dan perencanaan keseluruhan proses produksi.

Itulah pembahasan tentang manajemen usaha dan hal-hal terkait yang perlu diperhatikan. Perencanaan matang adalah kunci berjalannya manajemen usaha secara efektif. Pada dasarnya, hal ini menjadi bagian vital sebuah bisnis. Jadi, pastikan untuk mempersiapkannya dengan teliti.

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya