07 Oktober 2021

2.CASH FLOW

5 Langkah yang harus kamu lakukan ketika akan membuat budgeting setelah gajian

Gajian tiba, gajian tiba ! Biasanya apa sih yang kamu lakukan ketika hari gajian tiba ? Berdasarkan tipenya, ada 3 tipe orang dalam membelanjakan gaji mereka. Tipe pertama, tipe langsung investasi, saat gajian tipe ini langsung misahin mana uang yang akan diinvestasikan, mana yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Tipe kedua, tipe langsung checkout keranjang belanjaa. Tipe ini, biasanya langsung membelanjakan gajinya untuk membeli keinginannya tanpa memisahkan mana uang untuk nabung atau bahkan membuat anggaran. 

Tipe ketiga, langsung bayar cicilan bulanan. Tipe ini, memfokuskan gajinya untuk membayar cicilan terlebih dahulu dan terkadang, uangnya sudah habis duluan karena membayar cicilan. Nah sob, kamu tipe yang mana nih ? Yuk share di kolom komen. 

Supaya gaji kamu ga cuman numpang lewat aja, kamu bisa melakukan 5 tips berikut supaya kamu lebih mudah mengelola keuangan kamu.

1.     Membuat list kebutuhan per bulan kamu


  

Ketika kamu gajian, kamu harus membuat daftar kebutuhan kamu terlebih dahulu jangan langsung kamu belanjakan untuk keinginan kamu terlebih dahulu. Kamu bisa membuat daftar dengan kategori berikut :

·      Kewajiban

Kamu bisa menaruh kategori kewajiban di paling pertama. Kamu bisa membuat daftar apa saja kewajiban kamu yang harus dibayarkan seperti, bayar cicilan, bayar listik, bayar telepon, dll. Dengan begitu kewajiban kamu akan langsung terpenuhi diawal dan bukan di akhir. 

·      Kebutuhan

Setelah kewajiban, kamu dapat menaruh kategori kebutuhan di bagian kadua. Setelah kamu membayar kewajiban kamu, kamu juga langsung dapat memenuhi hal apa saja yang kamu butuhkan seperti, belanja bulanan, barang yang kamu butuhkan untuk sehari-hari, dan lain-lain. 

·      Keinginan

Kamu bisa menempatkan kategori keinginan kamu pada urutan ketiga atau yang terakhir. Pada kategori ini, lebih baik kamu menyisihkan atau menabung sebagian dari gaji kamu untuk membeli barang yang kamu inginkan, dan jangan terlalu sering untuk membelinya, agar gaji kamu tidak cepat habis. 

Selalu utamakan kewajiban dan simpanlah keinginan di daftar paling terakhir, bukan sebaliknya. Yuk, mulai bikin list kebutuhan kamu per bulan.

2.     Memisahkan mana uang untuk ditabung/diinvestasikan dan untuk operasional


Saat hari gajian pertama, tidak ada salahnya kamu memisahkan mana uang untuk sehari-hari dan mana uang yang diperuntukkan untuk menabung/berivestasi. Jangan sampai, semua gaji kamu digunakan untuk membeli keinginan kamu saja, kamu juga harus menyisihkan sebagian dari gaji kamu untuk mulai menabung/investasi. Menabung/investasi tidak perlu dengan jumlah besar tetapi kamu harus konsisten jika kamu sudah mulai menabung. Kamu juga tidak perlu pusing berapa dana yang kamu sisihkan untuk menabung, karena kamu dapat mulai menabung dari Rp 100.000/bulan . Dengan kamu memisahkan uang kamu khusus untuk investasi, cashflow kamu akan semakin teratur dan kamu juga tidak akan boros ditambah lagi, kamu akan semakin #financiallyfit karena kamu mempunyai pegangan untuk masa depan. 

3.     Jangan lupa untuk membayar asuransi


 

Hal yang tidak boleh kamu lupakan juga adalah membayar asuransi, kamu juga wajib loh memiliki asuransi. Asuransi ini sebagai proteksi terhadap keuangan kamu dan juga diri kamu sendiri. Maka, kamu bisa mulai menganggarkan atau menyisihkan pendapatan atau gaji kamu untuk memiliki asuransi.

Kamu bisa mulai menganggarkan di 10% dari pendapatan per bulan, tetapi ketika kamu tidak bisa mengalokasikan 10% per bulan karena banyak kebutuhan. Kamu juga bisa mulai mengalokasikan 5% dari pendapatan untuk asuransi kamu. 

4.     Cek Kembali kondisi keuangan saat ini


Ketika kamu gajian juga, tidak ada salahnya kamu cek kondisi keuangan kamu saat ini. Apakah keuangan kamu sudah sehat atau memang keuangan kamu lagi pada fase tidak sehat. Karena dengan mengetahui kondisi keuangan kamu saat ini, kamu menjadi tahu langkah apa yang harus kamu lakukan pertama kali terhadap keuangan kamu. 

Kamu juga akan semakin mudah mengatur cashflow kamu agar pengeluaran kamu sesuai dengan yang sudah kamu susun. Untuk mempermudah kamu, kamu bisa cek kondisi keuangan kamu disini https://ruangmenyala.com/quizzes/fitcheckup

5.     Lebih mindful ketika akan berbelanja


Last but not least, gajian di hari pertama memang bikin kita lebih mudah tergiur, tetapi kamu bisa memilih untuk lebih mindful ketika kamu akan berbelanja. Pastikan kamu selalu membuat daftar terlebih dahulu, barang-barang apa saja yang akan kamu belanjakan berdasarkan kebutuhan kamu, bukan karena keinginan kamu ya. 

Dengan kamu membuat daftar barang apa saja yang kamu butuhkan, cashflow kamu akan semakin teratur dan tidak boros. Ditambah lagi, kamu juga bisa menyisihkan uang kamu dengan menabung untuk membeli barang yang kamu inginkan. 

Tapi sebelum itu, jika memang ingin membeli barang yang kamu inginkan, berilah waktu 7 hari, apakah kamu masih kepikiran atau tidak. 

Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu, kamu jangan ragu untuk bertanya ke ahlinya dan juga mengikuti kelas-kelas keuangan yang seru dari ruang meNYALA. Catat tanggal mainnya ya, setiap hari Selasa dan Kamis malam !

 

 

0 comments

COACHTAINMENT

Konten-konten financial fitness yang bikin kamu termotivasi buat raih financially fit.

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!