Logo Ruang Menyal
Bg Block

5+ Cara Mengatur Keuangan Mudah Untuk Kaum Milenial, Efektif!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 04 April 2024 | 570 dilihat

Article Detail

Sudah punya penghasilan sendiri dan bingung cara mengatur keuangan pribadi? Atau mungkin kamu merasa boros dan gaji cepat banget habis? Mungkin bukan dari gajimu yang belum cukup, tapi tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang perlu diperbaiki.

Memangnya bagaimana sih cara mengatur keuangan dengan tepat? Di antara kalian, tentu ada yang masih bingung dan kesulitan dalam mengelola keuangan. Nah, pas banget nih ada beberapa tips dari Ruang meNyala yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan pribadi, yuk simak!

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Meski mengatur keuangan terdengar sepele, nyatanya banyak orang tidak berhasil mengelolanya dengan baik sehingga berdampak pada gaji cepat habis. Agar hal tersebut tidak terjadi pada dirimu, simak beberapa cara mengatur keuangan pribadi di bawah ini, ya.

1. Memakai Metode 50-30-20

Metode 50-30-20 adalah cara mengatur keuangan yang belakangan sedang hits. Cara ini terbilang cukup praktis dilakukan khususnya bagi kaum milenial karena terbukti efektif. Maksud dari metode 50-30-20 adalah membagi penghasilan atau pendapatan bulanan kamu ke dalam 3 kategori utama.

50% dari penghasilanmu digunakan untuk kebutuhan pokok seperti biaya tempat tinggal, listrik, bahan bakar, makanan pokok, pakaian, kesehatan, dan lainnya. Selanjutnya, 30% dari penghasilanmu, digunakan untuk kebutuhan gaya hidup seperti belanja kebutuhan sekunder, liburan, hiburan, olahraga, dan lain-lain.

Lalu yang terakhir, 20% dari sisa penghasilan kamu digunakan untuk investasi. Investasi penting dilakukan apalagi mumpung usiamu masih muda, agar dalam waktu jangka panjang dan di hari tua nanti, kamu memiliki passive income yang cukup.

2. Menyusun Anggaran Keuangan Bulanan

Apakah kamu merasa gaji bulananmu cepat sekali habis dan tidak terkontrol? Mungkin salah satu langkah awal yang bisa kamu coba adalah membuat anggaran keuangan bulanan. Anggaran ini ada baiknya dibuat pada saat awal bulan atau sebelum gaji kamu digunakan, ya.

Setelah mencatat anggaran pengeluaran bulanan, jangan lupa buatlah skala prioritas pemakaian gajimu. Skala prioritas merupakan pengeluaran rutin seperti kebutuhan pokok. Dan satu lagi, ingat bahwa kamu harus menyisakan anggaran untuk keperluan dana darurat sebagai bentuk antisipasi ketika hal-hal di luar dugaan terjadi.

3. Membuat Laporan Keuangan Harian

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah membuat laporan atau catatan keuangan harian. Fungsi dari laporan keuangan harian ini adalah untuk mengontrol pengeluaran harian kamu. Lain daripada itu, laporan tersebut juga dapat kamu manfaatkan untuk mengevaluasi pengeluaran percuma dan tidak penting.

4. Usahakan Untuk Selalu Menabung

Bagi kamu yang masih merasa kesulitan dalam menemukan cara mengatur keuangan dengan baik, maka menabung adalah opsi paling tepat.

Namun ada sedikit tips nih, usahakan menabung dari sebagian penghasilan kamu di awal bulan, bukan dari sisa penghasilanmu di akhir bulan. Mengapa demikian? Dengan cara tersebut, kamu akan semakin selektif dalam mengelola pengeluaran bulanan.

Selain itu kamu juga disarankan untuk memiliki dua atau lebih rekening bank. Contohnya, rekening A dipakai sebagai tabungan dan rekening B sebagai rekening gaji dan keperluan bulanan. Upayakan memilih bank yang mempunyai biaya admin rendah, ya.

5. Gunakan Kartu Kredit Sebijak Mungkin

Cara mengatur keuangan terakhir adalah menggunakan kartu kredit atau aktivitas kredit lainnya dengan bijak. Penggunaan kartu kredit memang memiliki sisi positif dan negatif.

Oleh karena itu, usahakan memanfaatkan kartu kredit hanya pada saat kebutuhan mendesak atau berbelanja dengan nominal yang besar. Lalu penting juga untuk memilih penyedia kredit dengan bunga rendah dan legal secara hukum.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Berikutnya, jika kamu sudah hidup berumah tangga, tentunya mengatur keuangan menjadi sebuah tantangan yang cukup sulit untuk dihadapi. Butuh cara tersendiri dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan baik dan benar sehingga semua keperluan keluarga bisa terpenuhi.

Maka dari itu, tanggung jawab dalam mengelola keuangan rumah tangga tak hanya bagi satu pihak saja. Baik suami maupun istri, keduanya memiliki andil yang cukup penting dalam mengatur keuangan rumah tangga. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab Ruang meNyala punya tipsnya di bawah ini.

1. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Penghasilanmu kisaran 3 juta dan sudah hidup  berkeluarga? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan rumah tanggamu:

  • Menyisihkan sebagian uang setiap bulannya untuk ditabung
  • Mencatat pengeluaran bulanan
  • Sebisa mungkin menyiapkan dana darurat

2. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Buat kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki gaji di kisaran 2 juta, jangan khawatir. Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut.

  • Tidak menunda-nunda membayar tagihan
  • Melakukan penghematan dengan bijak
  • Membuat laporan keuangan bulanan

3. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Terakhir, bagi kamu yang memiliki penghasilan pada kisaran 1 juta dan telah membina rumah tangga, simak cara-cara yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan dengan tepat berikut.

  • Belanja hanya pada saat promo atau diskon dan sesuai kebutuhan saja
  • Berusaha mencari penghasilan tambahan
  • Membuat rencana keuangan bulanan

 

Nah, itulah tips-tips yang bisa kamu ikuti seputar cara mengatur keuangan baik itu pribadi maupun rumah tangga dengan baik dan tepat. Pada intinya, gunakanlah uang yang kamu miliki sebaik dan sebijak mungkin ya, dijamin cuan! Jangan lupa juga untuk memantau kondisi keuanganmu di Financial Fitness Check Up dan konsultasikan masalah finansialmu dengan Financial Fitness Trainer terpercaya! Cek sekarang yuk!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya