Logo Ruang Menyal
Bg Block

5 Cara Memperbaiki Mindset Keuangan Supaya Bisa #FinanciallyFit

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 27 Maret 2024 | 522 dilihat

Article Detail

Jika berbicara mengenai keuangan, pasti kita memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mengakibatkan kita masih merasa sulit mengatur keuangan. Padahal, pada kenyataannya, memiliki mindset keuangan yang tepat bisa membawa keuangan kamu semakin sehat.

Percaya atau tidak, dengan memperbaiki mindset, keuangan kamu bisa menjadi lebih sehat. Yuk, kita cari tahu bagaimana sih cara memperbaiki mindset keuangan supaya kamu bisa semakin #FinanciallyFit.

1. Kita tidak diajarkan cara menabung, hanya diajarkan cara mencari uang

Mindset pertama yang sering diajarkan adalah kita hanya diajarkan bagaimana cara mencari uang. Cara mencari uang adalah hanya dengan bekerja, tetapi kita tidak diajarkan bagaimana caranya kita mengelola dan merencanakan uang yang sudah kita dapatkan.

Sehingga, banyak sekali masalah-masalah seperti boros dan juga kenaikan pendapatan diiringi dengan kenaikan pengeluaran. Hal ini terjadi, karena tidak diajarkan bagaimana caranya menabung yang tepat dan juga berinvestasi itu perlu untuk mencapai tujuan keuangan kita.

Jadi, belum tentu ketika gaji yang kamu peroleh besar, aset kamu juga ikut bertambah. Bisa jadi, ketika gaji kamu semakin besar, utang konsumtif kamu juga bertambah. Yuk, kita mulai perjalanan #FinanciallyFit di ruang meNYALA !

 

2. Kita hanya terfokus pada berapa rupiah yang kita dapatkan dari investasi, bukan berfokus pada persentase menabung per bulan

Mindset selanjutnya yang membuat kita sulit untuk #FinanciallyFit adalah kita hanya berfokus pada berapa rupiah sih bisa kita dapatkan dari berinvestasi. Sehingga, kita selalu merasa bahwa investasi itu sulit, tidak bisa mencapai apa yang kamu inginkan secara cepat.

Padahal, supaya investasi kamu semakin efektif dan kamu semakin senang dalam proses merencanakan keuangan. Kamu harusnya berfokus pada berapa persen dari pendapatan per bulan kamu yang bisa kamu alokasikan untuk menabung atau berinvestasi.

Selain itu, persentase dalam investasi juga belum tentu memberikan return yang stagnan. Tetapi, dengan kamu mencoba berinvestasi dengan mengalokasikan lebih dari 20% pendapatan per bulan kamu. Hasil investasi kamu pun akan lebih menyenangkan untuk hati kamu.

3. Selalu mengagungkan investasi, padahal memiliki aset kas membuat hidup lebih tenang

Mindset selanjutnya yang membuat keuangan kita rasanya sulit mencapai #FinanciallyFit adalah kita selalu mengagungkan investasi. Padahal, memiliki aset kas ternyata sangat penting dibandingkan berinvestasi.

Investasi memang bisa membantu kita dalam mengalahkan inflasi. Tetapi, investasi tidak bisa membeli rasa aman ketika kamu kehilangan pendapatan. Investasi tidak bisa memberikan rasa aman ketika kamu sedang berada pada masa krisis.

Maka dari itu, kita harus pandai mengelola aset kita, kita harus tetap memiliki aset kas yang selalu sedia setiap saat kita membutuhkan. Karena, perasaan aman dan siap ketika ada krisis tidak bisa kamu ukur dengan uang.

 

4. Tidak memiliki plan B hingga Z dalam merencanakan keuangan

Mindset selanjutnya yang membuat kita sulit untuk menjadi lebih #FinanciallyFit adalah kita tidak membuat plan B hingga Z ketika kita akan merencanakan keuangan.

Sebaik-baiknya manusia dalam merencanakan, yang menentukan bahwa rencana tersebut berjalan dengan lancar adalah Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka, kamu juga jangan lupa untuk benar-benar merencanakan keuangan kamu dari mulai mengatur cash flow hingga merencanakan investasi.

Urutan dalam merencanakan keuangan sudah dibuat sedemikian rupa, supaya kamu siap ketika menghadapi risiko-risiko dalam hidup. Jadi, jangan pernah kamu meloncati tahapan dalam merencanakan keuangan. Karena, risiko bisa terjadi kapanpun dan kepada siapapun.

5. Jangan Hanya berfokus mencari investasi yang memiliki untung tinggi 

Mindset terakhir yang membuat kamu sulit mencapai #FinanciallyFit adalah kamu hanya berfokus mencari investasi yang memiliki untung yang tinggi. Padahal, kamu juga perlu mencari investasi lain yang bisa membantu kamu dalam diversifikasi portfolio kamu.

Kamu juga perlu memahami, bahwa investasi memiliki risiko yang cukup tinggi. Terlebih lagi, jika kita berada di posisi yang sedang tidak menentu. Maka, memiliki investasi lainnya menjadi salah satu cara mengamankan aset kamu.

Gimana nih sobat meNYALA ? Ternyata mindset-mindset ini sudah ada dan bisa mempengaruhi keuangan kamu. Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation Bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya