Logo Ruang Menyal
Bg Block

5 Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula agar Untung

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 14 Januari 2022 | 287 dilihat

Article Detail

Investasi emas antam adalah salah satu jenis investasi yang nilainya cenderung stabil dari waktu ke waktu. Karenanya, investasi ini cocok ditujukan bagi investor dengan preferensi risiko rendah.

Cara investasi emas antam pun cukup mudah dilakukan oleh para pemula. Penasaran seperti apa? Yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

Cara investasi emas antam

Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya bila kamu mengetahui cara investasi emas antam agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan. Berikut adalah cara-cara investasi emas antam yang patut kamu coba.

1. Ketahui tujuan berinvestasi 

Tujuan atau hasil yang diharapkan dari investasi emas harus sudah dirumuskan dari awal. Contoh tujuan investasi adalah sebagai tabungan, biaya pernikahan atau untuk menambah modal usaha di masa mendatang. Sesuaikan tujuan investasi dengan perkiraan return agar tidak timbul gap di kemudian hari.

2. Jangan ketinggalan berita

Guna memaksimalkan keuntungan investasi emas antam, jangan sampai kamu ketinggalan kabar terbaru mengenai nilai emas setiap harinya, ya. Perkembangan harga emas terbaru dapat dipantau melalui situs web atau aplikasi pada smartphone.

 

Meskipun idealnya investasi emas digunakan sebagai investasi jangka panjang, tetapi tidak ada salahnya bila kamu membelinya pada harga rendah dan menjualnya saat harga naik guna meraup keuntungan kecil dalam jangka pendek.

 

3. Pilih metode pembelian

Jika telah yakin untuk membeli emas antam, putuskan akan membeli emas dengan metode datang langsung ke toko atau melalui marketplace. Semua metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contohnya, kamu dapat membeli emas dengan satuan kurang dari satu gram jika membelinya secara online. Kamu bisa mencicilnya hingga bernilai satu gram kemudian dapat dicetak atau memutuskan untuk sekedar mendapatkan sertifikat emasnya. Namun kamu juga bisa membelinya pada butik langsung jika menginginkan wujud asli emas.

4. Pastikan emas antam aman

Keuntungan investasi emas antam bahkan tidak akan kamu rasakan apabila emas batangan tersebut hilang dari genggamanmu. Oleh karena itu, pilihlah metode penyimpanan yang aman seperti safe deposit box di bank, layanan jasa dari Antam atau juga penyimpanan mandiri di rumah.

5. Tidak terpaku pada keuntungan emas antam jangka pendek

Jika kamu menahan diri untuk tidak menjual emas pada jangka pendek walaupun harganya sed naik, maka kamu sedang melakukan investasi emas antam dengan benar. Manfaat investasi emas antam akan benar-benar terasa pada 5-10 tahun mendatang.

Dengan proyeksi keuntungan ini, kamu dapat memperkirakan sekaligus menyesuaikan tujuan investasi dalam jangka panjang.

Keuntungan investasi emas antam

Berikut adalah beberapa keuntungan investasi emas antam yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan kamu.

1. Dapat digunakan sebagai dana darurat

Investasi emas adalah pilihan cerdas sebab ini berkaitan dengan sifat anti inflasi emas. Manfaat investasi emas antam adalah bisa dijadikan sebagai dana darurat apabila sedang berada pada keadaan mendesak.

Berbeda dengan saham yang memiliki beberapa prosedur dan kemungkinan mengalami pengurangan nilai, emas dapat dikatakan relatif lebih mudah dalam pencairannya.

2. Dapat digunakan sebagai alat pembayaran ketika terjadi krisis

Emas adalah logam yang nilainya stabil dan dapat digunakan sebagai alat tukar. Jika terjadi krisis, instrumen investasi dengan fleksibilitas tinggi ini tidak perlu dikonversi guna ditukarkan pada barang-barang kebutuhan.

3. Bersifat likuid

Investasi emas online maupun offline memungkinkan nasabah untuk mendapatkan uangnya kembali dengan cepat apabila ingin menggunakannya. Sifat ini tidak dimiliki oleh instrumen lain seperti saham atau surat berharga lainnya.

4. Bebas pajak

Keuntungan investasi emas antam lainnya adalah bebas pajak. Kamu tidak perlu membayar pajak apapun ketika memiliki logam mulia ini sebagai medium investasi. Jika kamu berminat mendapatkan keuntungan jangka panjang tanpa membayarkan pajak, berinvestasi emas antam adalah pilihan yang bagus.

5. Tersedia dalam berbagai satuan pembelian

Keuntungan investasi emas antam online adalah adanya fitur yang memungkinkan nasabah memilih investasi dengan pembelian kurang dari 1 gram. Ketika selesai melakukan pembelian, seseorang dapat memutuskan akan menambah jumlah pembelian atau membiarkannya saja sebagai portofolio investasi tidak berbentuk.

Namun bila kamu menginginkan bentuk fisiknya, kamu bisa menggenapi pembelian senilai dengan satuan pencetakan emas tertentu dan menyimpannya sebagai logam berharga.

 

Kerugian investasi emas antam

Sebaiknya sebelum berinvestasi kamu tak hanya mempertimbangkan nilai plus nya saja, melainkan juga minusnya. Adapun beberapa kerugian investasi emas antam adalah sebagai berikut.

1. Fluktuasi harga

Dalam jangka panjang, kecenderungan harga emas memang meningkat, tetapi jangka pendeknya kita dapat melihat bahwa harga emas mengalami kenaikan dan penurunan yang bisa jadi sangat drastis.

Kerugian investasi emas antam ini menyebabkan investor kesulitan memperkirakan nilai emas mereka di masa mendatang

2. Keuntungan yang didapat bisa memakan waktu lama

Investasi emas antam online maupun offline membutuhkan waktu lama untuk membuahkan hasil. Oleh karena itu, kamu tidak bisa mengandalkan emas saja dalam meraup keuntungan.

Diperlukan upaya diversifikasi jika kamu ingin mendapatkan profit lebih banyak, yaitu dengan menambah instrumen investasi terutama yang bisa mendatangkan return dalam jangka pendek guna menutupi kekurangan investasi emas.

3. Biaya tambahan

Walaupun tidak menimbulkan pembayaran pajak bagi investor, tetapi investasi emas mengharuskan pemilik untuk membayar biaya administrasi sebagai ongkos jasa atau juga biaya penyimpanan pada safe deposit box.

4. Kurang memberikan efek positif bagi perekonomian

Salah satu yang diukur dalam pertumbuhan ekonomi adalah kegiatan konsumsi masyarakatnya. Jika seseorang menyimpan emas sebagai instrumen investasi, artinya ia tidak membelanjakan uang investasi tersebut guna memberikan kontribusi bagi perekonomian riil. 

5. Rentan kehilangan

Baik berinvestasi dalam bentuk batangan atau sebagai perhiasan, investasi emas dapat mendatangkan risiko bagi pemiliknya. Ini karena wujud fisik emas begitu menonjol sehingga rentan hilang. Alternatifnya adalah kamu bisa menyimpannya di safe deposit box di bank atau lembaga terpercaya lainnya. 

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara investasi emas yang dapat kamu ikuti. Pahami setiap tipsnya dengan cermat. Jadi, apakah kamu tertarik dengan investasi ini?

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara investasi emas yang dapat kamu ikuti. Setelah menyimak keuntungan dan kerugian investasi emas antam, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya