Logo Ruang Menyal
Bg Block

4 Tips Mengatur Keuangan Untuk Anak Start Up!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 07 Juni 2022 | 117 dilihat

Article Detail

Sebagai anak Start Up kamu juga pasti tahu kan kalau gaji menjadi anak Start Up itu besar-besar. Tapi, walaupun dengan gaji yang besar, ada beberapa perusahaan Startup yang tidak memberikan benefit lebih seperti jaminan hari tua, jaminan kesehatan selain pemerintah, dan lain-lain. Oleh karena itu, ketika kamu menjadi anak Start Up, wajib banget untuk mengelola keuangan kamu untuk siap di keadaan apapun, dan kamu juga bisa menambah keuangan kamu untuk di hari tua. 

Nah, biar kamu tau gimana caranya mengelola keuangan kamu sebagai anak Start Up, ini dia 4 tips keuangan yang harus dipersiapkan ketika menjadi anak Start Up!

1.    Sudah Mempersiapkan Dana Darurat Minimal 6 kali Pengeluaran 

Agar kamu bisa siap dalam keadaan apapun apalagi keaadan mendadak, kamu tentunya harus mempersiapkan dana darurat sebesar 6 kali pengeluaran kamu Sobat Nyala. Jika kamu di masa depan tidak bekerja lagi, atau kamu harus mengeluarkan uang untuk keadaan yang tidak terduga, kamu jadi tidak perlu pusing lagi untuk memenuhi kebutuhan kamu karena kamu punya dana darurat uang cukup. Tapi jika kamu merasa kurang jika hanya 6 kali, kamu boleh banget loh mempersiapkan sebanyak 12 kali pengeuran kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah lagi jika menghadapi keadaan darurat di masa depan. 

2.    Sudah Mulai Mempersiapkan Dana Pensiun

Dengan gaji yang tergolong besar, tentunya akan mudah bagi kamu untuk mengatur keuangan kamu seperti menabung, investasi dll. Tapi, kamu juga jangan lupa untuk mempersiapkan dana pensiun. Karena beberapa Start Up tidak menyediakan fasilitas untuk dana pensiun, kamu harus menyiapkannya sendiri Sobat Nyala. Kamu bisa mulai dari menyisihkan 10-20% dari pendapatan kamu untuk dana pensiun, tapi ingat jangan sampai kamu pakai sebelum waktunya ya! yang ada nanti habis duluan sebelum kamu pensiun. 

3.    Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan Di luar Kantor

Walaupun kamu mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor, tentunya kamu juga harus punya asuransi kesehatan di luar kantor Sobat Nyala. Dengan memiliki asuransi kesehatan lebih, kamu akan semakin terbantu untuk biaya pengobatan jika kamu jatuh sakit. Mempunyai asuransi juga bisa kamu jadikan sarana untuk menabung, jika kamu tidak memakainya sampai hari tua nanti, kamu bisa menarik uang asuransi kamu, menjadi biaya pensiun kamu. 

4.    Jangan Lupa Investasikan Di Reksadana

Agar lebih bisa mempersiapkan di masa depan kamu, kamu tentunya juga harus berinvestasi di instrumen investasi yang resikonya tergolong kecil seperti reksadana. Kamu bisa mencoba untuk berinvestasi reksadana di ONE MOBILE by OCBC NISP! kamu bisa menyisihkan pemasukan kamu sebesar 10-20% untuk berinvestasi reksadana di ONE MOBILE.

Itu dia tips untuk kamu bisa mengelola keuangan kamu ketika menjadi anak Start Up!

Jadi kamu bisa langsung praktekin ya Sobat Nyala! biar arus keuangan kamu jadi lebih baik ketika menjadi anak Start Up

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dariFinancial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultationbersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya