Logo Ruang Menyal
Bg Block

3 Tanda Kamu Sudah Mencapai Kebebasan Keuangan

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 27 Maret 2024 | 173 dilihat

Article Detail

Sobat Nyala, kamu pasti bekerja keras untuk akhirnya bisa menjadi financial freedom di masa depan. Untuk menjadi financial freedom kamu pastinya harus mempunyai persiapan yang baik dalam keuangan kamu, Sobat Nyala. 

Sehingga kamu bisa menggunakan investasi, tabungan dan uang tunai kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu. Apalagi ketika kamu juga sudah mempunyai passive income yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu, kamu akan lebih cepat untuk pensiun dini loh!

Nah, biar kamu tahu apakah kamu sudah financial freedom berikut adalah ciri-cirinya!

1.    Sudah memiliki dana darurat dan asuransi sebagai jaring pengaman dalam hidup

Kamu bisa dikatakan sudah financial freedom jika kamu sudah memiliki asuransi dan dana darurat. Asuransi bisa menjadi pegangan kamu ketika suatu hari kamu sakit dan memerlukan biaya besar, kamu tidak perlu khawatir karena kamu mempunyai asuransi yang sudah proper tentunya. 

Kamu juga harus memiliki dana darurat yang bisa kamu gunakan disaat genting, misalnya kamu butuh uang segera mungkin, kamu bisa langsung memakai dana darurat kamu dengan cepat, tidak perlu menunggu kamu mencairkan dana kamu dari investasi. 

 

2.     Investasi Sudah Mulai Mencapai Target

Ketika berinvestasi tentunya kamu mempunyai target yang harus dicapai. Target tersebut bisa kamu capai, kalau kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan baik dan konsisten. 

Dengan begitu, hasil investasi kamu akan semakin besar nantinya, kamu juga akan mendapatkan passive incomedari hasil investasi kamu sobat Nyala! 

3.     Sudah Fokus Untuk Menambah Pendapatan Pasif 

Salah satu tanda kalau kamu memasuki financial freedom adalah, kamu sudah fokus untuk mendapatkan pendapatan passive.  Kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan banyak cara sobat Nyala. 

Misalnya kamu bisa berinvestasi dan mendapatkan return, kamu juga bisa mencari beberapa kegiatan yang bisa menghasilkan pendapatan pasif. Jika pendapatan pasif kamu bisa memenuhi kebutuhan kamu, kamu sudah bisa masuk di kategori Financial Freedom. 

Nah itu dia sobat Nyala, ciri-ciri kamu sudah financial freedom. Kamu masuk ke ciri-ciri diatas nggak? kalau belum yuk belajar untuk bisa menjadi financial freedom di Financial Fitness Class!

 

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultation Bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya