Logo Ruang Menyal
Bg Block

3 Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Baru

Oleh: ruangmenyala

Last updated: 14 April 2024 | 238 dilihat

Article Detail

Menjadi pasangan baru, ternyata banyak sekali perubahan yang terjadi. Mulai dari status di KTP hingga dalam keuangan. Banyak sekali pasangan baru yang merasa mengatur keuangan setelah menikah adalah tantangan yang nyata.

Salah Langkah dalam merencanakan keuangan ternyata bisa mendatangkan berbagai macam masalah lainnya. Supaya kamu tidak salah Langkah dalam merencanakan keuangan, yuk ketahui 3 cara mengatur keuangan untuk pasangan baru di bawah ini.

1.   Mulai Membuka Komunikasi Mengenai Keuangan 

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam mengatur keuangan bagi pasangan baru adalah mulai membuka komunikasi mengenai keuangan dengan pasangan. Kamu juga harus mulai terbuka bagaimana kondisi keuangan kamu terhadap pasangan.

Kamu dan pasangan juga ada baiknya mengetahui apa saja habit buruk keuangan yang sebaiknya kalian hilangkan. Selain itu, dalam perihal komunikasi mengenai uang ini, kamu dan pasangan juga sebaiknya jujur dalam mengelola keuangan. Jangan sampai satu sama lain saling menjadi juri siapa yang terbaik dalam mengatur keuangan.

Kamu dan pasangan perlu pahami juga, bahwa setia individu pasti memiliki trauma keuangan yang tidak mudah untuk diceritakan. Maka, sebaiknya komunikasi mengenai keuangan ini mulai kalian bentuk sedini mungkin.

2.   Biasakan Untuk Punya Tujuan 

Bagi pasangan baru, selain komunikasi, kamu dan pasangan juga sebisa mungkin sudah mulai membiasakan diri untuk memiliki tujuan. Jangan biarkan saja keuangan kalian mengalir seperti air.

Semakin lama kamu menunda untuk memiliki tujuan dan merencanakan keuangan, tentunya kamu juga harus mengejar ketertinggalan waktu yang kalian gunakan untuk tidak merencanakan keuangan.

Maka, ada baiknya bahwa kamu dan pasangan sudah mulai memiliki tujuan dari setiap hal yang kalian lakukan. Apa yang ingin kalian capai dalam jangka waktu 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun bahkan hingga 20 tahun ke depan ?

Jika kalian sudah membiasakan diri untuk memiliki tujuan baik dalam keuangan dan hubungan. Hal ini akan mempermudah kalian untuk membuat rencana-rencana bagaimana tujuan kalian akan terwujud. Apakah kamu sudah membiasakan membuat tujuan ?

3.   Membuat daftar pengeluaran bersama

Jika kita membahas mengenai perencanaan keuangan, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai pengeluaran Bersama. Ketika kamu dan pasangan akan membuat daftar pengeluaran Bersama, kamu akan dihadapi oleh 2 tabel yang berbeda.

Pertama, kamu akan membuat budgeting bulanan, di dalam budgeting tersebut kamu akan membuat daftar rencana pengeluaran bulanan kamu. Dimana dalam rencana pengeluaran kamu, harus kau prioritaskan pengeluaran berikut, nabung dan investasi, sedekah dan donasi, serta investasi untuk diri sendiri.

Selanjutnya barulah pengeluaran untuk kebutuhan kamu sehari-hari, setelah itu baru pengeluaran keinginan. Jika kamu ingin supaya pengeluaran kamu semakin hemat, akan lebih baik jika kamu mengurangi pengeluaran keinginan atau bahkan hilangkan pengeluaran keinginan kamu.

 

Setelah kamu membuat rencana pengeluaran, kamu juga harus membuat catatan pengeluaran harian kamu. Setiap pengeluaran harus kamu tulis dan catatan keuangan ini bisa kamu jadikan alat untuk review keuangan kamu di bulan berikutnya. Apakah ada pengeluaran yang bisa di hemat ? Apakah ada pengeluaran yang menyebabkan kebocoran ? Hal ini bisa kamu jawab setelah kamu membuat rencana keuangan dan catatan keuangan.

 

Jadi, buat kamu, pasangan baru yang masih bingung dalam mengelola keuangan, kamu bisa mengikuti 3 tips di atas untuk memulai Langkah dalam merencanakan keuangan kamu.

Buat kamu yang ingin makin memperkuat otot finansial kamu dengan baru memulai investasi atau kamu yang ingin mengetahui berapa skor finansial kamu. Kamu bisa loh mulai dari Financial Fitness Check Up dan kamu juga bisa melakukan One-on-One Consultaion Bersama Nyala Trainer dari komunitas meNYALA sekarang juga!

 

 

 


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya