Logo Ruang Menyal
Bg Block

23 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Cuan, Coba Yuk!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 07 Juli 2023 | 647 dilihat

Article Detail

Memiliki bisnis yang sukses tentu menjadi impian setiap orang. Namun sayangnya banyak hal perlu dipertimbangkan sebelum memulai prosesnya, salah satunya yaitu memilih peluang usaha baru dengan tepat. Seiring perkembangan zaman, jenis peluang usaha baru yang menjanjikan juga berubah. 

Oleh karena itu, penting untuk mengamati kondisi pasar dan tren di sekitar kita. Pemilihan tepat tentu membawa bisnis pada pencapaian target. Bahkan memasuki tahun 2022 ini, ada banyak peluang usaha baru dengan modal kecil dan memiliki persentase keberhasilan tinggi. Apa saja usaha itu? Yuk, simak daftar peluang usaha baru serta ips mudah memilihnya di artikel berikut ini. 

Tips Memilih Peluang Usaha Baru

Memilih usaha baru tentu bukan persoalan mudah karena terkadang minat pribadi kurang sesuai dengan potensi pasar. Oleh karena itu, diperlukan beberapa pertimbangan dan tips tersendiri untuk meraih peluang usaha baru. Berikut beberapa tips memilih peluang usaha baru yang menjanjikan:

1. Kenali Potensi Diri

Memilih usaha yang sesuai dengan kemampuan menjadi hal penting untuk memastikan perkembangan dan eksistensi bisnis. Kamu tidak akan mudah menyerah pada tantangan karena usaha yang kamu jalankan memang potensi dirimu. 

Jadi, saat menentukan peluang usaha baru, pastikan bahwa kamu akan menyukai segala proses di dalamnya. Sederhananya, sebuah usaha yang dibangun dari hobi akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. 

Baca juga: Manajemen Portofolio: Pengertian, Tujuan, Jenis & Prosesnya

2. Amati Kondisi Pasar dan Persaingan

Selain memilih peluang usaha baru berdasarkan minat, kamu juga harus memperhatikan tren bisnis tersebut di pasaran. Tidak semua hobi bisa menjadi usaha, namun kamu bisa memperhatikan persaingan usaha lainnya untuk menemukan celah peluang baru. 

Pastikan juga bahwa usaha yang akan dijalankan masih belum terlalu umum karena hal ini tentu akan mempersulit tingkat persaingan. Intinya, usaha baru yang masih terkesan baru namun masih dalam lingkup bisnis pada umumnya.  

3. Manfaatkan Internet

Di era digital ini, memaksimalkan fungsi internet adalah cara optimal mendapat keuntungan peluang usaha baru. Ada banyak hal bisa dilakukan di internet, mulai dari mengamati persaingan bisnis sampai menciptakan brand awareness untuk usaha kamu. 

Selain itu, masyarakat saat ini cenderung memilih belanja secara online. Jadi, menggunakan online marketplace akan semakin meningkatkan potensi keuntungan bisnis. 

23 Daftar Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan

Setelah membahas tips-tips di atas, sekarang saatnya kamu mengetahui berbagai macam peluang usaha yang menjanjikan dan tentunya bisa mendatangkan keuntungan.

1. Jasa terkait Search Engine Optimization (SEO)

Peluang usaha baru pertama adalah jasa SEO. Jika, kamu tertarik pada perkembangan internet dan teknologi, SEO dapat menjadi salah satu opsi peluang usaha baru yang menjanjikan di tahun 2022. Hal yang kamu perlukan adalah pengetahuan untuk meningkatkan performa sebuah konten dan website di mesin pencari, seperti Google. 

Biasanya, target usaha SEO adalah perusahaan, bisnis UMKM, dan blogger. Meski terlihat sederhana, SEO penting untuk meningkatkan brand awareness secara online. Oleh karena itu, jasa ini semakin dicari oleh banyak orang. 

2. Bisnis Online di E-Commerce

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap sendi kehidupan telah beralih online, terutama kegiatan jual-beli. Bahkan, cukup melalui pesanan di marketplace online, masyarakat sudah bisa membeli sayuran segar. Oleh karena itu, membuka bisnis online di E-commerce menjadi salah satu peluang usaha baru yang menjanjikan. Kamu bisa memilih untuk membuka usaha online sesuai dengan potensi dan minat. 

3. Kreasi Kerajinan Tangan Unik

Usaha kerajinan tangan merupakan peluang usaha baru yang tidak lekang oleh waktu. Beragam jenis ragam tangan terus dikembangkan, sehingga masih memiliki daya tarik bagi sekelompok orang. 

Bagi kamu yang gemar dengan aktivitas mengkreasikan benda, peluang usaha baru ini bisa menjadi sebuah potensi bisnis.Namun dalam hal pemasaran, kamu perlu menyesuaikan perkembangan zaman. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggunakan media online untuk memasarkannya. 

4. Jasa Terjemah

Bisa dibilang bahwa jasa terjemahan merupakan peluang usaha baru modal kecil. Bagi pemula, kamu cukup membutuhkan koneksi internet untuk memasarkan jasa dan sebuah laptop/komputer untuk proses pengerjaan. Meski terkesan mudah, faktanya usaha ini semakin banyak dicari dan berpotensi menghasilkan cuan besar. 

Meski demikian, kamu tetap membutuhkan kemampuan berbahasa asing secara fasih. Hal ini juga penting sebagai bukti kredibilitas kepada client. Biasanya, banyak penerjemah membuka jasa ini di platform freelance untuk mendapatkan pelanggan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan secara internasional. 

5. Jasa Kepenulisan Kreatif

Memulai jasa kepenulisan biasanya dimulai dari sebuah hobi. Peluang usaha baru yang menjanjikan ini memang semakin dicari namun seorang penulis tentu membutuhkan kreativitas dalam menyusun tulisannya. Saat ini, kepenulisan kreatif biasanya diperlukan untuk sebuah blog atau konten media sosial.

Melalui peluang usaha baru yang menjanjikan ini, kamu bisa membuka jasa content writer. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan secara remote untuk mendapatkan pelanggan darimana saja. Gunakan platform online untuk mengenalkan jasamu lebih luas.  

6. Jasa Editing Video

Editing video adalah peluang usaha baru modal kecil dengan potensi keuntungan besar. Namun, perlu diketahui bahwa keuntungan ini setara dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengedit sebuah video. Selain itu, kamu juga membutuhkan alat memadai dalam proses editing sehingga mendapat hasil yang diinginkan. 

7. Jasa Desain Grafis

Selain editing video, jasa desain grafis adalah peluang usaha baru yang menjanjikan paling favorit. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kemampuan mendesain tidak dimiliki semua orang. Oleh karena itu, kemampuan desain grafis banyak diperlukan, baik oleh pribadi maupun sebuah badan usaha. Jika, kamu memiliki hobi dalam desain grafis, memaksimalkan potensi ini akan menjadi potensi bisnis yang menguntungkan. 

8. Bisnis Kursus Online

Membuka kursus online merupakan salah satu peluang usaha baru modal kecil. Jika, kamu memiliki keahlian di suatu bidang, membuka kursus bisa menjadi pilihan usaha tepat. Kamu tentu tidak membutuhkan tempat khusus untuk memberikan kursus jika dilakukan secara online. 

Umumnya, kamu cukup menyiapkan perencanaan materi dan strategi pemasaran untuk menarik minat peserta kursus. Selanjutnya, kursus bisa dilakukan di rumah. Program kursus sebenarnya tidak selalu terkait mata pelajaran sekolah. Membatik, menjahit, atau merajut adalah beberapa program kursus yang bisa kamu pilih. 

9. Dropshipper

Usaha dropshipping adalah bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Nyatanya, kebutuhan akan jasa ini semakin meningkat. Model bisnis ini juga tidak membutuhkan tempat khusus untuk penyimpanan barang karena dropshipper hanya perantara antara pembeli dan penjual.

Potensi keuntungan dari bisnis ini terbilang tinggi karena penjual tetap menjadi pihak yang mengirimkan barang ke pembeli. Selanjutnya, dropshipper mendapat keuntungan dari selisih harga dari pembeli dan penjual. 

Baca juga: Apa itu Profil Risiko Investasi? Yuk, Kenali Jenis-jenisnya!

10. Bisnis Desain Interior

Memiliki rumah dengan desain interior menarik adalah impian semua orang. Meski terkesan hanya mendesain tata letak dan layout rumah, nyatanya jasa ini membutuhkan kemampuan khusus. 

Oleh karena itu, tarif untuk jasa desain interior sangat tinggi. Memulai peluang usaha baru satu ini mungkin terbilang cukup menantang, namun jika kamu sudah memperoleh portofolio baik, maka jasa ini bisa berpotensi baik. 

11. Content Creator

Industri kreatif semakin memiliki potensi dan minat tinggi di kalangan masyarakat. Di sinilah jasa content creator semakin dibutuhkan, terutama oleh badan usaha. Strategi pemasaran di era ini semakin berkembang karena masyarakat tidak hanya membeli karena kebutuhan, namun karena daya tarik dan keunikan suatu brand. 

Oleh karena itu, kreativitas content creator semakin dicari oleh banyak orang. Peluang usaha baru ini bisa menghasilkan cuan tinggi, terutama bagi kamu yang penuh dengan ide unik dan menarik. Selain itu, kamu juga bisa menjadi content creator untuk blog pribadi, kanal YouTube, atau di media sosial lainnya.

12. Affiliate Marketing 

Berbakat dalam hal promosi namun tidak memiliki produk sendiri untuk dipasarkan? Mungkin affiliate marketing bisa menjadi peluang usaha baru yang tepat. Model bisnis ini cukup mudah, bahkan bisa dilakukan tanpa modal bisnis. Kamu cukup mempromosikan produk suatu brand.

Jika, ada seseorang yang membeli produk tersebut melalui kode referral kamu, maka kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi. Namun, kamu harus mendaftar ke program affiliate sebuah brand sebelum memulai promosi. 

13. Jasa Desain Website

Hampir semua jenis usaha membutuhkan online presence (kehadiran online) untuk bisnis mereka. Banyak diantaranya yang membutuhkan website sebagai media transaksi online mereka. 

Namun, tidak semua orang bisa membangun sebuah website yang menarik. Di sinilah jasa desain website diperlukan. Peluang usaha baru ini bisa mendatangkan cuan besar karena jasa yang diberikan memang tidak mudah. Kehadiran era digital tentu semakin membuat bisnis ini berkembang pesat. 

14. Bisnis Makanan Olahan Sehat

Peluang usaha baru lainnya adalah usaha makanan olahan sehat. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang menginginkan hal instan, termasuk makanan. Namun, mengonsumsi makanan cepat saji terus menerus tentu bukan satu-satunya opsi. Oleh karena itu, menjual berbagai olahan makanan sehat bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi bisnis menjanjikan.

15. Bisnis Tanaman Hias

Semenjak pandemi melanda, banyak masyarakat mulai tertarik pada tanaman hias untuk mengisi waktu di rumah. Sejak saat itu, tanaman hias menjadi salah satu peluang usaha baru yang menjanjikan. 

Beragam jenis tanaman dengan harga fantastis bisa menjadi potensi bisnis. Jika, kamu memiliki minat pada tumbuhan, bisnis tanaman hias mungkin bisa menjadi pilihan peluang usaha baru yang tepat. 

16. Thrift Shop

Toko pakaian bekas (thrift shop) menjadi peluang usaha baru yang semakin menjamur. Pada mulanya, bisnis ini tumbuh atas kesadaran masyarakat untuk mengurangi limbah industri pakaian. 

Hal penting untuk mengembangkan bisnis ini adalah mendapatkan barang berkualitas yang masih layak dijual. Selain itu, kamu juga harus menampilkan katalog produk di media sosial atau website dengan menarik. 

17. Bisnis Franchise 

Bisnis ini merupakan peluang usaha baru yang patut dicoba terutama bagi pemula. Cara kerjanya terbilang sederhana karena kamu tidak perlu memikirkan konsep dan sistem bisnis produk yang dijual. 

Bisnis franchise sendiri merupakan bentuk kerja sama dari seseorang yang sudah memiliki usaha. Jadi, bisnis ini hanya membutuhkan modal awal untuk mendapatkan model berbisnis seperti profesional. 

18. Jasa Pengembangan Aplikasi

Kebutuhan akan aplikasi juga semakin meningkat di era digital. Berkaitan dengan hal itu, membuka jasa pembuatan aplikasi tentu bisa menjadi peluang usaha baru bagi kamu. Namun, kemampuan yang dibutuhkan untuk jasa ini tentu bukan hal mudah. 

Ada beragam kemampuan kompleks yang perlu dikuasai. Bisnis ini tentu akan menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan dan menguntungkan jika kamu berhasil menciptakan inovasi, salah satunya seperti Gojek

19. Bisnis Cuci Sepatu

Peluang usaha baru modal kecil lainnya adalah bisnis cuci sepatu. Mencuci sepatu mungkin terdengar sepele, namun nyatanya masih banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukannya. 

Oleh karena itu, bisnis ini semakin diminati oleh banyak orang. Persaingan untuk bisnis ini juga masih terbilang rendah, jadi membuka usaha cuci sepatu dapat menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan.

20. Pet Shop

Bisnis pet shop menjadi salah satu peluang usaha baru yang banyak dilirik pemilik hewan peliharaan. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 datang, banyak orang memutuskan untuk memelihara hewan sebagai teman saat di rumah. Dari hal inilah, peluang usaha pet shop semakin terlihat menjanjikan. Biasanya, pet shop tidak hanya menyediakan kebutuhan untuk hewan peliharaan, namun juga jasa penitipan. 

21. Bisnis Manajemen Sosial Media

Siapa kira bermain sosial media bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan? Manajemen sosial media adalah jenis jasa yang mulai banyak dicari oleh para pebisnis sehingga membukan peluang usaha baru.  

Hanya bermodalkan internet, kamu bisa membantu sebuah perusahaan sejenis startup atau bisnis menengah untuk mengoptimalkan pemasaran mereka melalui sosial media. Meski terlihat hanya bermain sosial media, kamu membutuhkan kemampuan analisa dan kreativitas untuk menghasilkan konten yang menarik. 

22. Jasa Branding Usaha/UMKM

Jasa branding sebenarnya hampir mirip seperti bisnis manajemen sosial media. Bedanya, kamu menawarkan jasa untuk peningkatan citra sebuah usaha tidak hanya melalui sosial media. Kamu juga terlibat dalam perencanaan konsep pembangunan citra bisnis bahkan terkait logo. Selain menjadi peluang usaha baru, kamu juga bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis mereka. 

23. Bisnis Hampers atau Hadiah

Mobilitas masyarakat yang menurun di masa pandemi, membuat bisnis hampers menjadi peluang usaha baru. Mengapa? Banyak orang yang tidak bisa berkunjung ke sanak saudara atau kolega. Oleh karena itu, mengirim hampers atau hadiah menjadi opsi bagi sebagian orang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjaga silaturahmi. 

Ternyata cukup banyak peluang usaha baru yang menjanjikan untuk dikembangkan. Selain daftar peluang di atas, tentu masih ada beberapa jenis bisnis lainnya. Namun, kunci utama sebuah usaha, selain teliti memilih peluang juga tekun dalam menjalankannya. Jadi, bagaimana? Apa kamu sudah memutuskan akan memulai usaha apa?

Baca juga: Apa itu Investasi Bodong? Ini Ciri hingga Cara Melaporkannya


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya