09 Maret 2022

12.PASSIVE INCOME

19 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil dari Rumah, Menjanjikan!

Mengambil pekerjaan tambahan di rumah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan. Terutama bagi anak muda, memiliki bisnis sambilan adalah pilihan terbaik. Sayangnya, sebagian orang kesulitan mencari peluang usaha sampingan yang menguntungkan bagi mereka.

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari ide usaha sampingan di rumah modal kecil, tak perlu pusing mencari bisnis mana yang cocok. Karena dalam artikel kali ini, Ruang meNYALA akan memberikan rekomendasi beserta penjabarannya satu per satu. Yuk simak!

Apa itu Usaha Sampingan?

Usaha sampingan adalah bisnis yang dijalankan bersamaan dengan pekerjaan utama. Biasanya, aktivitas ini berupa produksi barang atau jasa yang dilakukan sembari bekerja di kantor, kuliah, atau mengasuh anak, sebagai upaya menyalurkan hobi maupun memperoleh tambahan penghasilan.

Keuntungan Memiliki Usaha Sampingan di Rumah

Keuntungan yang akan kamu peroleh ketika memiliki usaha sampingan di rumah adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kualitas Hidup

Tambahan penghasilan dari bisnis sampingan tentu dapat membantumu memenuhi lebih banyak kebutuhan hidup, membeli barang impian, atau menabung untuk simpanan masa mendatang. Hal ini akan membuat kualitas hidup meningkat.

2. Melatih Hidup Mandiri

Pekerjaan sampingan juga bisa membantumu melatih gaya hidup mandiri. Hal ini karena kamu belajar susah senangnya mencari uang, merintis usaha, dan mengatur keuangan agar hasil bisnis tersebut dapat dipakai secara hemat.

3. Mengembangkan Sikap Kepemimpinan

Bekerja sebagai seorang karyawan tentu membuatmu menuruti perintah atasan. Beda halnya dengan merintis bisnis sampingan sendiri. Kini kamu akan menjadi leader yang harus cakap dalam mengambil keputusan.

4. Meningkatkan Keterampilan

Usaha sampingan juga membantumu mengasah soft skill dan hard skill karena kamu akan belajar banyak hal baru. Apalagi jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan hobi maupun minatmu, maka hal ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan keterampilan.

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil

Jika kamu ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis, berikut beberapa ide usaha sampingan yang menjanjikan untuk dirintis dengan modal kecil.

1. Katering

Merintis bisnis katering kecil-kecilan di rumah merupakan usaha sampingan modal kecil yang dapat kamu coba. Selain waktu kerjanya yang fleksibel karena hanya dilakukan ketika ada pesanan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

2. Laundry

Banyak pekerja atau mahasiswa yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Nah, bermodalkan mesin cuci, setrika, deterjen, dan parfum pakaian, kamu sudah bisa memanfaatkan peluang tersebut guna meraup penghasilan lho, yaitu dengan membuka laundry.

3. Warung Kopi

Warung kopi adalah tempat favorit untuk nongkrong berbagai kalangan, oleh karena itu, bisnis ini dapat menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Apalagi modalnya bisa kamu sesuaikan dengan menu dagangan kamu.

4. Bisnis Tanaman

Tren mengoleksi tanaman hias yang populer beberapa tahun belakangan membuat bisnis di bidang ini cukup menjanjikan. Kamu juga tak perlu mengeluarkan banyak modal karena cukup membeli bibit untuk kemudian dikembangbiakkan.

Selain itu, kamu juga dapat berbisnis tanaman herbal mengingat perawatannya yang mudah dan saat ini industri jamu atau obat-obatan alami sedang berkembang pesat. 

5. Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan usaha sampingan yang menjanjikan karena selalu memiliki pelanggan. Selain itu, makanan ini juga tahan lama, praktis, dan mudah disimpan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak modal untuk operasionalnya.

6. Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah pekerjaan sampingan yang dilakukan dengan cara menjualkan produk suatu perusahaan guna mendapat komisi dari hasil penjualannya. Mudah, bukan?

Baca juga: 20 Peluang Usaha Anak Muda Bermodal Kecil yang Menjanjikan

7. Jasa Menjahit

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, usaha sampingan sebagai penjahit rumahan adalah opsi menarik untukmu. Selain waktunya fleksibel, perkembangan fashion yang cukup pesat membuat jasa ini banyak dicari.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan dari barang bekas atau benda-benda di sekitarmu juga bisa menjadi salah satu ladang penghasilan, lho! Kamu dapat membuat gantungan kunci, hiasan dinding, vas, dan karya lain lalu menitipkannya di toko oleh-oleh atau menjualnya di sekitar tempat wisata.

9. Reseller

Berikutnya kamu bisa merintis bisnis sampingan sebagai reseller, yakni membeli beberapa produk milik orang lain untuk dijual kembali. Selain mudah, kegiatan ini juga dapat disesuaikan dengan kesibukanmu.

Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

Beberapa usaha sampingan bahkan bisa kamu lakukan tanpa modal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dropshipper

Usaha sampingan satu ini tidak memerlukan modal karena kamu hanya perlu memasarkan produk orang lain menggunakan foto atau video, tanpa perlu melakukan stock barang. Dengan demikian, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan dengan risiko minim.

2. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas di website, blog, atau media sosial perusahaan maupun perorangan merupakan pekerjaan sampingan yang tidak membutuhkan modal. Kamu cukup meluangkan waktu dan mencari ide konten guna mendapat penghasilan.

3. Jasa Desain

Jasa desain merupakan kemampuan yang banyak dicari di beberapa situs freelance. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kemampuan mendesain logo, konten media sosial, poster, dan sebagainya, gunakan keterampilan tersebut untuk menambah penghasilan.

4. Fotographer

Bermodalkan kamera dan skill memotret, kamu juga bisa bekerja sebagai fotographer lepas di majalah, koran, maupun perusahaan.

5. Jasa Les Privat

Menjadi seorang guru les privat merupakan peluang nafkah yang cukup menjanjikan. Selain memperoleh penghasilan tanpa perlu keluar modal finansial, ilmu yang kamu ajarkan tentu akan berguna bagi masa depan orang lain.

6. Vlogger

Jika kamu suka berpetualang dan membuat konten video, maka vlogger adalah profesi yang tepat. Tak hanya dapat mengabadikan momen-momen berharga, kamu juga bisa memperoleh penghasilan dan menginspirasi banyak orang.

7. Penerjemah

Bila kamu menguasai satu atau beberapa bahasa asing, tak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan sebagai penerjemah lepas. Di samping bisa dikerjakan secara fleksibel, kamu juga tidak perlu menyiapkan modal finansial.

8. Menjual Aplikasi Premium

Penjual akun premium seringkali kita jumpai di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Nah, kamu juga dapat memanfaatkan peluang bisnis ini mengingat aplikasi-aplikasi seperti Netflix, WeTV, VIU, dan sebagainya sudah menjadi kebutuhan hiburan bagi banyak orang.

9. Copywriter

Jika kamu memiliki skill menulis dan mengiklankan suatu produk, pekerjaan sampingan sebagai copywriter online shop atau perusahaan dapat menjadi pilihan menarik untuk dicoba.

10. Game Streamer

Game streamer adalah profesi bermain game melalui siaran online yang disaksikan penonton secara live. Pekerjaan ini tentu sangat menyenangkan apabila kamu senang berinteraksi dengan banyak orang dan memiliki hobi bermain game.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dicoba!

Itu tadi beberapa ide usaha sampingan modal kecil yang dapat kamu lakukan dari rumah. Jangan lupa selalu pertimbangkan kesibukanmu saat ini agar kamu tidak kewalahan.

Terakhir, pantau selalu kondisi kesehatan keuanganmu di Financial Fitness Check Up by Ruang meNYALA dan konsultasikan bersama Financial Fitness Trainer terpercaya guna mengetahui usaha sampingan apa yang cocok kamu jalani. Semoga berhasil!

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!