Logo Ruang Menyal
Bg Block

18 Cara Menghemat Uang yang Mudah, Simpel, dan Efektif!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 05 April 2024 | 1321 dilihat

Article Detail

Berbicara soal cara menghemat uang mungkin akan berbeda bagi setiap orang. Pasalnya, kebutuhan prioritas tiap individu juga sangat beragam dan tidak bisa disamakan. Meski demikian, setidaknya ada beberapa tips menabung secara umum yang dapat kamu ikuti. Penasaran apa saja?

Dalam artikel kali ini, Ruang meNYALA akan memberikan tips menghemat uang secara cerdas yang bisa kamu terapkan sehari-hari dengan mudah. Check this out!

Manfaat menghemat uang

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara atau tips menghemat uang secara efektif, berikut ada beberapa manfaat menghemat uang yang bisa memberikan dampak positif bagi hidup kamu, di antaranya:

1. Tidak terlilit utang

Pertama, pastinya manfaat menghemat uang adalah kamu akan terbebas dari yang namanya utang. Oleh sebab itu, gunakanlah uang yang dimiliki sebijak mungkin dan pahami porsi kebutuhan hidup diri sendiri.

2. Mengamankan dana darurat

Lalu, dengan menghemat uang, kamu juga bisa menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disiapkan sebagai dana darurat. Dana darurat sangat penting diperlukan terutama guna mengantisipasi jika terjadi hal-hal di luar ekspektasi.

3. Menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginan

Terakhir, kamu bisa menyeimbangkan antara kebutuhan pokok dan keinginan gaya hidup dengan menghemat uang. Namun, bukan berarti berhemat menjadi alasan kamu untuk bersikap pelit, ya!

Cara menghemat uang

Setelah kamu memahami apa saja manfaat dari menghemat uang, berikut ini ada cara menghemat uang versi Ruang meNYALA yang bisa kamu coba.

1. Menentukan pendapatan dan pengeluaran

Cara menghemat uang yang pertama adalah menentukan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Cara ini bisa membantu kamu untuk mengetahui kondisi keuangan apakah stabil atau tidak. Serta, menentukan kebutuhan apa saja yang menjadi prioritas dan bukan prioritas.

2. Mencatat semua transaksi yang akan dilakukan

Mencatat seluruh anggaran ketika baru gajian adalah cara menghemat uang paling efektif yang bisa kamu lakukan. Hal ini dikarenakan banyak di antara kita yang masih saja sering lupa telah mengeluarkan uang untuk apa saja setiap bulannya.

Oleh sebab itu, dengan cara berikut kamu bisa mengalokasikan jumlah uang untuk kebutuhan pokok dan keinginan bulanan.

3. Menabung dan investasi

Daripada kamu menghabiskan uang untuk hal yang tidak terlalu penting, sebaiknya kamu gunakan uang tersebut untuk menabung dan investasi. Tujuan utama menabung dan investasi itu sendiri adalah supaya kamu bisa memenuhi kebutuhan di masa depan. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi online untuk kamu berinvestasi emas, reksadana, dan kripto.

4. Mencari penghasilan tambahan

Apabila kamu merasa gajimu pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan pokok atau sehari-hari, maka kamu perlu mencari penghasilan tambahan. Saat ini, sudah banyak pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan uang tambahan cukup besar.

Pekerjaan sampingan tersebut bisa disesuaikan dengan minat atau bakat kamu sendiri, dan jenisnya pun dapat dipilih mulai dari part-time atau freelance.

5. Membuat rekening tabungan terpisah

 

Bila saat ini kamu hanya menggunakan satu rekening tabungan saja untuk segala aktivitas, ada baiknya kamu membuat rekening baru. Dengan cara tersebut, kamu bisa membagi fungsi untuk masing-masing rekening.

Misalnya rekening A adalah berfungsi untuk gaji masuk dan kebutuhan keseharian, lalu rekening B sebagai tabungan dan dana darurat pribadi.

6. Hindari menggunakan kartu kredit secara berlebihan

Salah satu cara menghemat uang belanja dengan bijak selanjutnya adalah menghindari pemakaian kartu kredit secara berlebihan. Hal itu dikarenakan utang kamu akan semakin menumpuk dan kemungkinan susah untuk membayarnya.

Oleh sebab itu, kamu bisa membawa uang tunai ketika bepergian atau hanya menggunakan kartu kredit sebagai keperluan produktif dan mendesak saja.

7. Menerapkan gaya hidup minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis bisa menjadi alternatif dalam cara menghemat uang. Hidup minimalis bukan berarti kamu hidup pas-pasan, namun lebih ke memenuhi dan memanfaatkan semua kebutuhan secara efisien dan sesuai dengan porsinya masing-masing. Hasilnya, kamu bisa lebih banyak memakai uangmu untuk kepentingan lainnya.

8. Lebih sering menggunakan transportasi umum

Selain hal ini adalah salah satu cara menghemat uang secara efektif, menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor. Pemerintah saat ini terus mengembangkan moda transportasi umum seperti bus kota, MRT, LRT, dan angkot ramah lingkungan.

9. Kurangi makan di restoran dan nongkrong di cafe

Sebagai generasi milenial, tentunya kita seringkali pergi restoran atau cafe untuk berkumpul, meeting, bekerja, atau mengerjakan tugas. Jika hal ini selalu menjadi kebiasaan, akibatnya kamu pun menjadi terlalu boros. Apalagi kalau kamu pekerja kantoran, ada baiknya lebih sering membawa bekal dari rumah atau manfaatkan catering dari kantor.

10. Proteksi diri dengan asuransi

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mungkin peribahasa tersebut adalah ucapan yang pas untuk menjelaskan bagaimana cara menghemat uang dengan tepat.

Asuransi kesehatan berfungsi untuk mengurangi beban keuangan jika kamu mengalami sakit di kemudian waktu. Apapun jenis dan merek asuransinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

11. Membuat daftar belanja

Cara menghemat uang belanja penting dilakukan jika ingin semakin cuan khususnya bagi kamu yang sudah berumah tangga. Buatlah daftar barang apa saja yang ingin kamu beli dan ingatlah untuk membeli barang yang hanya ada di daftar tersebut.

12. Jangan mudah tergoda oleh diskon

Cara menghemat uang belanja selanjutnya adalah jangan gampang tergoda dengan diskon. Saat melihat diskon besar-besaran biasanya kamu terpicu untuk membelinya meskipun barang tersebut sedang tidak kamu perlukan. Oleh sebab itu, cobalah menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu diperlukan meski ada potongan harga sekalipun.

13. Cermat dalam membandingkan harga produk

Ketika kamu perlu berbelanja seperti kebutuhan bulanan, mingguan, ataupun harian, ada baiknya kamu membandingkan harga-harga produk yang akan dibeli di toko langsung dengan yang dijual di e-commerce. Tujuannya, agar kamu mendapatkan kualitas produk dengan harga terbaik dan kebutuhan pun bisa terpenuhi secara hemat.

14. Hemat menggunakan listrik dan air

Listrik dan air adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan dari kehidupan kita semua. Namun, jika kamu ingin lebih berhemat untuk memulihkan kondisi keuanganmu, tidak ada salahnya untuk mulai hemat menggunakan listrik dan air. Dalam artian kamu harus memakainya seefisien mungkin. Selain menghemat uang, hal ini dapat turut melestarikan lingkungan.

15. Olahraga dan menjaga kesehatan

Walaupun hal ini kelihatan kurang nyambung dengan cara menghemat uang, namun jangan salah! Dengan kamu rutin berolahraga dan menjaga kesehatan, tubuhmu akan selalu fit dan terhindar dari segala penyakit yang bisa menghabiskan banyak biaya untuk pengobatannya.

16. Membuat batasan-batasan khusus agar tidak boros

Cara menghemat uang selanjutnya adalah menentukan batasan-batasan khusus agar kamu tidak cepat boros. Caranya, kamu bisa mengalokasikan langsung penghasilan bulanan kamu untuk dibelanjakan ke masing-masing kebutuhan. Misalnya kebutuhan rumah tangga, makanan, cicilan, dan sebagainya, tentunya dengan porsi yang cukup.

17. Memanfaatkan platform hiburan gratis

Berhemat bukan berarti kamu tidak bisa membahagiakan atau menyenangkan diri sendiri. Cara menghemat uang berikutnya adalah kamu bisa memanfaatkan banyak platform hiburan yang dapat digunakan secara gratis seperti YouTube, Spotify, Game, dan masih banyak lagi.

18. Meminjam atau membeli barang bekas

Cara menghemat uang terakhir adalah ketika kamu ingin memiliki suatu barang namun harganya tidak mencukupi isi dompet, kamu bisa meminjam atau membelinya dengan keadaan bekas atau second hand.

Barang-barang seperti buku, handphone, motor, mobil, dan lainnya banyak dijual dengan sistem meminjam atau bekas, tapi pastikan kamu memilih yang kondisinya masih baik.

 

Itulah beberapa tips menghemat uang secara cerdas yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Walau sekilas terlihat ribet dan sulit, percayalah bahwa banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan menabung. Agar lebih #FinanciallyFit jangan lupa juga untuk Financial Fitness Check Up dan One-on-One Consultation bersama Ruang meNYALA sekarang juga!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya