Logo Ruang Menyal
Bg Block

17 Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa, Bisa Tambah Uang Saku!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 21 Oktober 2021 | 1347 dilihat

Article Detail

Tidak hanya untuk orang dewasa, kini berbisnis juga bisa dilakukan anak muda seperti kita loh! Mulai pelajar hingga mahasiswa, semua bisa memulai mencari pendapatan sendiri dengan membuka usaha. Kali ini Ruang meNyala akan kasih kamu beberapa rekomendasi bisnis untuk mahasiswa yang dapat dicoba.

17 Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa Mudah Dicoba

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi ide bisnis unik mahasiswa yang bisa kamu coba untuk menambah uang sakumu. Check it out!

1. Jual pulsa

Salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah menjual pulsa, elektrik, internet, ataupun listrik. Yup, selain mudah, kamu juga sudah bisa menghasilkan banyak keuntungan hanya dengan modal yang kecil. Promosikan saja ke teman-teman kampus agar jualanmu semakin meluas.

2. Dropship

Bisnis dropship sangat cocok dijadikan sebagai usaha untuk mahasiswa kost. Enggak perlu ribet, kamu tinggal mencari pelanggan dengan mempromosikan produk dari seorang distributor, mulai dari pakaian, pernak-pernik, sepatu, tas, atau bahkan skincare serta alat make up. Tanpa perlu susah-susah menyediakan dan mengirim barang, kamu sudah dapat memperoleh penghasilan.

3. Catering harian 

Biasanya, anak kos sekitar kampus sangat sibuk dan enggak punya cukup waktu untuk memasak. Alhasil mereka pun cenderung memilih untuk membeli makanan siap saji. Nah, ini sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis mahasiswa yang dapat menghasilkan keuntungan besar, lho. Yakin enggak mau coba?

4. Translator

Kalau kamu ahli berbahasa inggris, cobalah manfaatkan skill tersebut dengan menjadikannya sebuah usaha, seperti menjadi seorang translator. Meski tampak sepele, menjadi translator cocok dijadikan sebagai bisnis online untuk mahasiswa yang mudah serta bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Kamu hanya butuh sebuah laptop dan internet untuk melakukannya. Simple sekali, kan?

5. Service laptop

Rekomendasi ide bisnis unik mahasiswa berikutnya adalah jasa servis laptop. Mengingat laptop merupakan hal paling penting bagi seorang pelajar, usaha ini tentu berpeluang besar untuk menghasilkan keuntungan. Namun, pastinya kamu harus memiliki keahlian mengenai hardware dan software terlebih dahulu ya!

6. Buka online shop

Bisnis untuk mahasiswa yang mudah dan paling umum adalah berjualan melalui online shop. Keuntungan yang bisa kamu hasilkan dari usaha ini enggak main-main, lho. Yang terpenting, kualitas dan pemasaran sudah cukup oke untuk menarik perhatian customer. Di samping itu, kamu bisa membuka reseller agar bisnismu semakin berkembang.

7. Kerajinan custom

Kamu bisa merangkai atau membuat barang kerajinan handmade? Menjualnya adalah salah satu ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu. Aneka kerajinan yang bisa kamu jual ialah seperti gantungan kunci, dompet, ataupun storage box lucu dan unik. Dengan promosi yang tepat, dijamin bisnis untuk mahasiswa satu ini akan laris manis.

8. Buket bunga dan snack

Saat hari-hari bahagia, setiap orang pasti ingin ikut merayakan momen spesial tersebut dengan mengirimkan sebuah bunga cantik nan indah, entah itu saat hari ulang tahun, pernikahan, atau bahkan pada perayaan besar. Eits, tapi bukan cuma sekedar bunga, kamu juga bisa lho menjual aneka rangkaian snack bucket yang lebih unik dan menarik. 

9. Preloved

Jika kamu memiliki banyak barang yang masih layak namun tak terpakai, usaha preloved dapat menjadi solusinya. Jarang disadari, bisnis untuk mahasiswa ini mulai banyak digandrungi masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Selain karena harganya yang terjangkau, usaha preloved juga tak memerlukan modal yang besar.

10. Laundry dan Jasa cuci

Jasa cuci atau laundry memang sudah menjadi salah satu bisnis yang tak pernah sepi. Ide bisnis unik mahasiswa satu ini pasti bakal laku keras, terutama jika kamu membukanya di area kampus atau perumahan. Biasanya, orang-orang yang tinggal disana sangat sibuk hingga memilih untuk menggunakan jasa laundry.

11. Totebag

Rekomendasi usaha untuk mahasiswa kost selanjutnya adalah menjual aneka totebag. Jangan salah, meski terlihat biasa, namun nyatanya totebag banyak dicari oleh para pelajar, lho. Bukan hanya karena harganya yang terbilang murah, namun juga karena tas ini sangat simple dan mudah digunakan.

12. Travel guide

Sebagai anak muda, kamu pasti banyak mengetahui tempat wisata menarik, kan? Manfaatkanlah pengetahuan tersebut dengan menjadi seorang travel guide. Bisnis untuk mahasiswa satu ini tergolong mudah dan sangat menyenangkan, lho. Sebab, sambil mengisi waktu luang, kamu bisa sekaligus berjalan-jalan dan juga menghasilkan uang.

13. Jasa foto produk

Menawarkan jasa foto produk adalah peluang bisnis mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi yang bisa kamu coba. Tahukah kamu, ketatnya persaingan bisnis akhir-akhir ini membuat kebutuhan akan jasa fotografer semakin meningkat. Pasalnya, untuk menciptakan promosi yang menarik, tentu diperlukan foto produk profesional dan berkualitas.

14. Sewa motor

Bisnis untuk mahasiswa satu ini sering kali dipandang sebelah mata. Padahal, usaha sewa motor cukup menjanjikan terutama untuk kamu yang tinggal di kota besar. Ini karena motor lebih efektif dan efisien digunakan sebagai kendaraan mondar-mandir di kota wisata. Ditambah lagi dengan harga sewanya yang lebih murah, tak heran jika banyak wisatawan memerlukan jasa ini.

15. Bimbingan belajar

Rekomendasi bisnis yang cocok untuk mahasiswa lainnya adalah membuka jasa bimbingan belajar kepada murid-murid SD, SMP atau SMA. Jangan khawatir, pilih saja mata pelajaran tertentu yang kamu kuasai, misalkan les matematika, biologi, atau bahasa asing. Semakin banyak siswa yang kamu miliki, maka akan lebih besar pula penghasilan yang bisa didapatkan.

16. Jasa ketik

Siapa sangka jika jasa ketik merupakan bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan, khususnya bila tinggal di sekitar area kampus. Biasanya, daripada harus repot-repot membuat tugas sendiri, banyak mahasiswa yang lebih memilih menggunakan jasa pengetikan. Hanya dengan bermodal laptop, keuntungan pun bisa kamu peroleh dengan mudah.

17. Freelance

Rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa yang terakhir adalah menjadi seorang freelance. Yup, usaha ini sangat cocok jika kamu memiliki keterampilan tertentu tapi tak memiliki waktu penuh untuk menyalurkannya. Banyak kok perusahaan yang memerlukan jasa paruh waktu, mulai dari penulis, desain grafis, editor, ataupun penerjemah

 

Itulah berbagai rekomendasi bisnis untuk mahasiswa yang mudah dicoba. Selama kamu melakukannya dengan tekun, pelan-pelan keuntungan besar pasti akan mengikuti. Yang terpenting jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian pendapatanmu, ya. Intip berbagai manfaat menabung untuk jangka panjang dari Ruang meNyala berikut!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya