Logo Ruang Menyal
Bg Block

15 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dicoba!

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 18 September 2021 | 591 dilihat

Article Detail

Ide bisnis rumahan sekarang ini tidak lagi terbatas hanya berjualan pulsa atau membuka toko kelontong saja. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan alat khusus. Eits, contoh peluang usaha rumahan berikut ini juga bisa dicoba untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin mulai mencari pemasukan loh. 

Mau tau apa saja inspirasinya? Yuk simak artikel dari Ruang meNyala berikut ini!

 

1. Rental mobil

Jangan salah, rental mobil merupakan salah satu ide usaha rumahan yang cukup diminati. Mengingat kondisi transportasi umum yang memiliki banyak kekurangan, kini sebagian besar orang cenderung memilih menggunakan mobil rentalan. Oleh karenanya, permintaan pasar yang tinggi membuat ide usaha rumahan ini sangat menggiurkan.

2. Laundry

Jika kamu mencari ide bisnis rumahan yang sukses, cobalah buka usaha Laundry. Yup! Apalagi kalau kamu membukanya di lokasi yang dekat dengan kampus, perkantoran ataupun komplek perumahan baru. Pasalnya, kawasan ini cenderung ditempati oleh para mahasiswa, pasangan muda, hingga karyawan yang super sibuk.

3. Cookies

Siapa sih yang enggak suka cookies? Kamu pasti salah satu penggemar brownies, bolu, atau kue lainnya dengan aneka rasa. Biasanya, ini akan selalu menjadi camilan lezat yang disajikan sebagai teman santai ataupun hidangan khusus pada acara-acara istimewa, seperti natal, idul fitri, hingga tahun baru. Ide usaha rumahan yang cukup menjanjikan, bukan?

4. Katering Sehat

Gaya hidup sehat akhir-akhir ini sedang menjadi trend di tengah masyarakat. Manfaatkanlah keadaan tersebut dengan ide bisnis rumahan modal kecil satu ini. Selain memiliki peluang usaha rumahan yang cukup besar, katering sehat juga enggak ribet, lho. Hanya dengan sebuah dapur dan bahan makanan, kamu sudah bisa memperoleh banyak keuntungan.

5. Fashion

Tak bisa dipungkiri, kehidupan modern masa kini enggak pernah terlepas dari dunia fashion. Gunakan kesempatan tersebut untuk membangun peluang usaha rumahan seperti menjual baju streetwear, kaos, dress, maupun brand kamu sendiri. Dengan promosi yang baik, ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang sukses!

6. Jilbab

Selain menjual baju, jilbab juga termasuk peluang usaha rumahan di desa maupun kota yang selalu laris manis. Sebab, ada begitu banyak jenis dan ragam hijab yang kini sedang menjadi trend dan digemari banyak orang. Terlebih lagi kalau sudah menjelang puasa dan lebaran Idul Fitri, dijamin ide usaha rumahan ini akan laku di pasaran.

 

7. Jahit

Bukan cuma berjualan, jasa menjahit baju juga dibutuhkan dalam dunia fashion. Ini ternyata merupakan ide bisnis rumahan modal kecil yang bayarannya cukup tinggi, lho. Mengingat pakaian adalah salah satu kebutuhan sehari-hari manusia, jangan heran kalau jasa ini enggak pernah lenyap dimakan waktu.

8. Masker

Peluang usaha rumahan dengan prospek yang cukup bagus belakangan ini adalah bisnis masker. Seperti yang diketahui, masker kini menjadi kebutuhan sehari-hari yang wajib dan enggak boleh dilupakan. Nah, ada begitu banyak jenis dan model masker yang bisa kamu jual secara eceran maupun grosir. Manfaatkan saja berbagai media sosial dan e-commerce untuk melancarkan promosimu.

9. Art & craft

Kalau kamu punya hobi atau keterampilan dalam bidang art and craft, cobalah kembangkan menjadi sebuah ide usaha rumahan. Berbagai produk kerajinan tangan juga enggak kalah digemari, kok. Contohnya seperti baju rajut, hiasan dinding, tas, gantungan kunci, atau produk-produk homemade lainnya.

10. Skincare & Cosmetics

Rekomendasi ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah menjual produk perawatan dan kecantikan, mulai dari skincare, bodycare, kosmetik, dan sebagainya. Selain sedang menjadi trend anak muda, usaha ini juga nggak butuh modal banyak, kok. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan hanya menjadi reseller dan menjualnya secara online. Mudah banget, kan?

 

11. Jasa foto produk

Kamu suka fotografi? Cobalah ide bisnis rumahan modal kecil satu ini agar skill-mu enggak sia-sia. Kamu pasti sering melihat brand atau merek baru yang bersaing mempromosikan jualannya, mulai dari kuliner hingga fashion. Untuk itu, jangan heran kalau asa foto produk kini cukup dicari banyak orang.

12. Bimbingan belajar

Bimbingan belajar juga bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa maupun kota, lho. Pilih saja satu mata pelajaran atau beberapa yang dikuasai. Lalu, tentukan apakah kamu memanggil para siswa ke rumah atau sebaliknya, kamu yang datang menghampiri mereka. Semakin banyak murid yang kamu miliki, maka semakin besar pula penghasilanmu.

13. Hampers

Salah satu ide bisnis rumahan modal kecil namun menguntungkan yang jarang disadari adalah membuat dan menjual hampers. Tiap orang pasti ingin ikut merayakan momen bahagia atau hari besar bersama kerabat terdekat, seperti idul fitri, natal, ulang tahun, wisuda, atau pernikahan. Untuk itu, mengirimkan sebuah kado spesial adalah pilihan yang enggak pernah terlewatkan.

14. Freelance

Tahukah kamu, menjadi seorang freelance kini adalah ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan, lho. Hanya bermodal laptop dan internet, kamu sudah dapat menghasilkan keuntungan besar. Di samping itu, kamu juga bebas menentukan tempat dan jam kerja sendiri. Ini juga cocok untuk kamu yang suka bekerja tanpa harus keluar rumah.

15. Salon & MUA

Peluang usaha rumahan di desa atau kota yang juga menjadi rekomendasi ialah bisnis salon dan MUA. Pasalnya, setiap bulan bahkan per minggunya pasti akan selalu ada saja yang memiliki hajatan, entah itu wisuda, menikah, atau ulang tahun. Apalagi kalau kamu sudah punya pelanggan setia, tentu keuntungan akan terus menghampirimu.


Sekarang kamu sudah mengetahui bisnis rumahan mana yang cocok buat kamu. Jangan lupa untuk menyisihkan hasil pemasukanmu dan menabung mulai sekarang. Gunakan tabungan Nyala dan dapatkan penawaran menarik untuk asah otot keuanganmu. Selamat mencoba!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya