Logo Ruang Menyal
Bg Block

15 Contoh Usaha Modal 1 Juta Untung Besar di 2021

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 18 September 2021 | 529 dilihat

Article Detail

Enggak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, lho. Nyatanya, ada juga berbagai peluang usaha modal 1 juta dengan hasil yang tak kalah menguntungkan. Apalagi untuk kamu yang masih muda dan baru mulai terjun dalam dunia bisnis, menjalankan usaha dengan bermodalkan 1 juta saja sudah sangat cukup kok.

Lantas, apa saja usaha modal 1 juta untung besar dan menjanjikan yang bisa kamu coba? Berikut ini Ruang meNyala telah rangkum beberapa rekomendasi bisnis dengan modal kecil beserta tips memulainya.

Contoh Usaha Modal 1 juta

Menjalankan sebuah usaha pastinya perlu rencana yang matang. Dengan begitu, bisnis pun dapat berjalan dengan lancar hingga sukses di pasaran. Tapi, kalau kamu masih bingung menentukan usaha apa yang cocok, coba simak beberapa peluang usaha modal 1 juta untung besar dan menjanjikan berikut ini!

1. Blogger

Salah satu contoh usaha modal 1 juta untung besar yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang blogger. Modal yang kamu perlu sediakan yaitu kuota internet, laptop yang mendukung dan konsisten untuk membuat artikel. Menjadi blogger memang gampang-gampang susah. 

Tapi ketika kamu berhasil, penghasilan yang kamu dapatkan dari profesi ini bahkan bisa mencapai 10 hingga 100 juta tiap bulannya, lho. Kuncinya, lakukan secara rutin dan ambil kesempatan untuk berkolaborasi dengan 

2. Freelance online

Berbeda dengan blogger yang khusus mengelola website untuk sendiri dan menulis konten, freelance online punya cakupan skill yang lebih luas. Kamu bisa menjadi seorang desain grafis, UI / UX designer, atau posisi dan keahlian lain yang bisa kamu tawarkan. Modal yang perlu disiapkan hanyalah kuota internet dan laptop yang kamu gunakan sehari-hari. 

Nominal yang bisa kamu dapatkan pun beragam, tergantung dengan jasa dan klien siapa yang akan kamu handle. 

3. Dropshipper

Kalau kamu punya skill berbisnis yang jago namun memiliki modal terbatas untuk memulai bisnis, cobalah menjadi dropshipper. Di samping modal yang sedikit, bisnis ini juga minim risiko kerugian, lho. Sebab, kamu tidak perlu susah-susah menyediakan ataupun mengirim barang. Dropshipper hanya memasarkan produk dan meneruskannya dari supplier kepada pembeli.

 

4. Kerajinan tangan

Kamu suka membuat sebuah kerajinan tangan? Cobalah untuk menjadikannya sebagai peluang usaha modal 1 juta untung besar agar keterampilanmu tidak sia-sia. Banyak aksesoris yang sedang tren akhir-akhir ini, seperti kalung, gelang, scarf, tas, atau produk handmade lainnya.

5. Buket Bunga

Di samping aksesoris dan berbagai produk kerajinan tangan, menjual buket bunga juga cocok untuk kamu yang memiliki kreativitas tinggi. Ini menjadi salah satu contoh usaha modal 1 juta untung besar yang direkomendasikan karena peluangnya cukup menjanjikan. Buket bunga selalu dicari untuk acara yudisium, wisuda, ulang tahun, ataupun pernikahan.

6. Guru les

Tidak harus selalu menawarkan produk, kamu juga bisa kok menawarkan keahlianmu dan menjadi tutor atau guru les pada bidang tertentu. Misalkan, kamu cukup menguasai bahasa asing, pandai matematika, atau bahkan dapat bermain musik. Biaya les yang kamu tawarkan bisa dihitung dari durasi atau level kesulitan yang kamu ajarkan.

7. Jastip barang

Kini mulai banyak brand-brand terkenal di kota besar yang diminati masyarakat, seperti H&M, Zara, Bershka, dan sebagainya. Sayangnya, tidak semua konsumen bisa dengan mudah  mendapatkan produk populer tersebut. Kesempatan inilah yang bisa kamu ambil untuk membuka jasa titip atau jastip.

Tidak hanya pakaian, kamu bisa membuka jastip makanan, alat masak, sepatu atau bahkan perlengkapan untuk bayi. 

8. Katering harian

Jika kamu punya hobi masak, bisnis catering harian bisa jadi contoh usaha modal 1 juta yang tepat buat kamu. Bisnis ini bisa kamu mulai dengan menawarkannya pada teman terdekat yang hidup di kost dan cukup malas memasak. Dengan modal dibawah 1 juta, kamu bisa menyiapkan bahan masakan, peralatan masak dan packaging tempat masakan tersebut. 

9. Produk kecantikan

Produk kecantikan kini banyak digandrungi oleh anak-anak muda. Mulai dari make up, skincare, bodycare, dan lain sebagainya. Tentu kebutuhan pasar tersebut menjadi peluang yang baik untuk dijadikan contoh usaha modal 1 juta untung besar, lho. Promosikan melalui media sosial dan manfaatkan juga e-commerce seperti shopee atau tokopedia agar cakupan pasar kamu semakin luas.

10. Cokelat 

Eits, ide usaha modal 1 juta satu ini jangan dipandang sebelah mata. Meskipun terlihat sederhana, ternyata masih banyak orang yang tertarik untuk membeli berbagai jenis coklat, baik itu dari dalam negeri maupun coklat yang diimport dari luar negeri. Kemudian lakukan pemasaran melalui media sosial atau e-commerce pilihan Anda. 

11. Jasa jahit

Menjahit adalah salah satu skill yang tidak banyak orang memilikinya. Tetapi, di lain sisi kebutuhan untuk membuat baju semakin meningkat tiap harinya. Dengan modal membeli mesin jahit, contoh usaha modal 1 juta ini bisa kamu coba lakukan. 

12. Minuman kekinian

Beberapa tahun terakhir, bisnis minuman kekinian sudah tidak asing lagi dalam dunia kuliner. Ada berbagai jenis minuman baru dengan rasa unik yang bisa kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan. 

Kamu bisa coba memulai bisnis minuman kekinian ini dengan membeli bubuk minuman yang tersedia di pasaran dan menemukan resep yang tepat. Kemudian pilih packing dengan bentuk unik dan tempelkan stiker brand kamu di atasnya. 

 

13. Hampers

Saat merayakan momen spesial, kebanyakan orang akan mengirimkan hadiah atau hampers. Kamu bisa membuat hampers yang menarik dengan budget tidak sampai satu juta. Tentukan konsep apa yang akan kamu bawa terlebih dahulu. 

Kemudian cari produk apa saja yang akan dimasukkan ke dalam hampers. Peluang usaha modal 1 juta ini cukup menggiurkan, melihat sekarang makin banyak konsep menarik yang bisa kamu coba, seperti K-pop, natural, dan sebagainya. 

14. Jual Jilbab

Hijab kini sudah menjadi trend baru di dunia fashion yang tidak kalah digemari oleh masyarakat luas. Jangan salah, menjual berbagai ragam jenis jilbab ternyata bisa membawa penghasilan yang menjanjikan. Sudah banyak loh pebisnis hijab sukses yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

15. Makanan ringan

Contoh usaha modal 1 juta untung besar lainnya ialah bisnis makanan ringan. Meski terdengar biasa, nyatanya usaha ini tak ada matinya. Tidak heran, kamu juga pasti merupakan salah satu penggemar makanan ringan, kan? Biasanya, makanan ini selalu ada sebagai teman menonton televisi atau saat menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

Tips Memulai Usaha Modal 1 Juta

Saat berbisnis, memulai merupakan salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Oleh karenanya, berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha modal 1 juta yang bisa kamu terapkan.

1. Tentukan jenis usaha

Pertama, pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengenali dan mempelajarinya dengan hati Tujuannya agar kamu tidak mudah menyerah dan tetap semangat saat menjalankannya. 

2. Survei lapangan

Lakukanlah survei untuk mengetahui persaingan ketika di lapangan, seperti kompetitor, target pasar atau peluang bisnis yang akan dikembangkan. Pastikan kamu telah mengenal bagaimana kondisi lapangan usaha tersebut, ya.

3. Buat rencana yang matang

Sebelum memulai usaha, kamu harus memiliki perencanaan yang mendalam dan rinci, mulai dari visi dan misi, pemasukan dan pengeluaran, hingga strategi yang akan digunakan. Jangan sampai kamu tidak memiliki rencana yang matang dan akhirnya menghambat bisnismu.

4. Cari keunikan

Ketatnya persaingan di pasaran mengharuskan tiap pebisnis memiliki keunikan tersendiri agar menarik dan menonjol dibanding produk kompetitor. Oleh karenanya, perhatikan dan pertimbangankan sebaik mungkin produk yang akan kamu jual agar mampu bersaing dengan bisnis lainnya.

5. Promosi

Produk yang bagus tidaklah berguna jika promosi nyatanya gagal menarik pelanggan. Cobalah gunakan berbagai platform media sosial dan e-commerce untuk melancarkan promosi produk dengan efektif dan efisien. Gunakan cara-cara menarik dan out of the box agar produk kamu mampu dikenal masyarakat luas.

Walau hanya mengandalkan usaha modal 1 juta, tetap saja bisnis yang disiapkan secara tepat  dengan perencanaan yang matang bisa membuahkan keuntungan. Yang terpenting, kamu sudah mengetahui strategi dan peluang pasar dari usaha tersebut.

Selain ide usaha modal 1 juta di atas, ada banyak inspirasi dan tips berbisnis yang bisa kamu temukan di Workout : Guideline, Video, dan Artikel Bisnis dari Ruang meNyala.


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya