Logo Ruang Menyal
Bg Block

15 Cara Mendapat Uang dari Internet Tanpa Modal [Terkini 2021]

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 12 Februari 2024 | 803 dilihat

Article Detail

Di era digital ini, internet memiliki peran begitu besar dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah sebagai platform mencari pekerjaan loh. Yup, ada berbagai cara mendapat uang dari internet yang dapat Anda terapkan.

 

Internet memang bisa dibilang sebagai ladang cuan di zaman sekarang. Bahkan, saat ini sebagian besar bisnis telah berpindah ke sistem digital. Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya? Jika iya, yuk simak 15 cara mendapat uang di internet berikut.

15 Cara Mendapat Uang dari Internet

Cara mendapat uang dari internet cukup beragam. Namun, Anda tetap harus hati-hati dalam memilih. Agar mendapat pekerjaan yang aman, berikut 15 rekomendasinya untuk Anda.

1. Membuat Blog

Banyak orang membuat blog untuk sekedar menulis atau menumpahkan opininya. Namun, tahukah Anda bahwa blog merupakan salah satu cara mendapat uang dari internet tanpa modal loh, bagaimana caranya?

 

Agar bisa mendapat uang, pastikan blog yang Anda kelola memiliki trafik tinggi sehingga menarik pihak-pihak untuk beriklan di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat keuntungan. Berikan konten berkualitas serta perlajari tentang SEO.

2. Bergabung dengan Survey Online

Tahukah bahwa Anda bisa mendapat uang secara cuma-cuma dari internet hanya dengan mengisi survey? Pasalnya, telah ada banyak platform survey online yang memberikan uang kepada para pesertanya.

 

Salah satu platform survey online populer adalah Opinion World. Nantinya, Anda akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Dimana, 1000 poin setara dengan $10 USD. Platform ini tidak dibatasi, sehingga Anda bisa bergabung kapan saja,

3. Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi sedang populer serta cukup diminati, khususnya bagi para influencer. Contoh program afiliasi dan banyak digunakan adalah Shopee Affiliates. Setelah bergabung, Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian produk melalui link yang Anda bagikan. 

 

Program ini menjadi salah satu cara mendapat uang dari internet dengan cepat untuk semua kalangan. Jika tertarik, Anda bisa mengikutinya dengan melampirkan akun media sosial beserta jumlah pengikutnya.

4. Freelance

Freelance atau pekerja lepas adalah cara mendapat uang dari internet untuk pelajar yang banyak diminati. Apalagi, saat ini telah banyak platform menjembatani para freelancer dengan orang-orang yang membutuhkan jasanya. Seperti, Fastwork.id.

 

Ada banyak jenis pekerjaan bisa dicoba sesuai dengan passion Anda. Misalnya, jasa translator, graphic design dan sebagainya. Penghasilan yang ditawarkan pun tidak main-main, bisa mencapai Rp1 juta per bulan. Cukup lumayan bukan untuk pelajar?

5. Jasa Online Coaching

Cara mendapat uang dari internet tanpa modal selanjutnya adalah dengan menawarkan jasa online coaching. Misalnya, membuka kelas design atau vokal secara online. Agar dapat dipercaya oleh audiens, lampirkan sertifikat atau pengalaman yang Anda miliki.

 

Anda bisa memulainya dengan bergabung ke platform mengajar online seperti KelasKita.com. Namun, jika sudah sudah cukup terkenal dan memiliki banyak murid, Anda dapat memanfaatkan website pribadi agar lebih untung.

6. Membuka Jastip

Sering bepergian ke luar kota atau luar negeri? Jika iya, maka cara mendapat uang dengan cepat yang satu ini bisa Anda terapkan. Jastip adalah usaha jasa penitipan pembelian suatu barang. Anda bisa menarik fee sebesar Rp20 ribu per item. Bayangkan jika setidaknya ada 50 item jastip, cukup menguntungkan bukan?

7. Menjadi Dropshipper

Dropship adalah sistem bisnis tanpa modal yang cukup menguntungkan. Pasalnya, Anda tidak harus menyiapkan stok barang untuk menjalankannya. Bisa dibilang, dropshipper menjadi salah satu cara mendapat uang dari internet dengan cepat paling praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu.

8. Bisnis Tema dan Plugin Wordpress

Jika Anda berkecimpung dalam bidang per-website-an, bisnis yang satu ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara mendapat uang dari internet dengan mudah. Fakta menariknya, Anda bisa menghasilkan keuntungan hingga $1 juta dari penjualan tema dan plugin wordPress di suatu marketplace, seperti TemplateMonster atau ThemeForest.

9. Membuat Channel YouTube

Pasti Anda sering mendengar bahwa keuntungan youtuber di Indonesia bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Setelah mengetahui fakta tersebut, apakah Anda tertarik untuk membuka channel YouTube? Jika iya, maka mulailah dari sekarang. Menjadi youtuber merupakan cara mendapat uang dari internet yang seru.

10. Social Media Influencer

Memiliki pengikut banyak di media sosial berpotensi untuk menjadikan Anda sebagai influencer atau bahasa trend-nya adalah selebgram. Anda akan mendapatkan keuntungan dari endorsement atau iklan yang  mengajak Anda untuk berkolaborasi. Rate card endorsement influencer rata-rata dimulai dari Rp500 ribu hingga puluhan juta rupiah. 

11. Menekuni Cryptocurrency

Cryptocurrency dikenal dengan nama populer BitCoin. Dewasa ini, instrumen tersebut cukup banyak diminati oleh para investor. BitCoin merupakan salah satu cara mendapat uang dari internet yang memiliki potensi besar di masa depan. Namun, cara ini juga mempunyai resiko besar. Cryptocurrency bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu, mining, investasi dan trading.

12. Menjual Karya Foto Digital

Cara ini telah diterapkan oleh sebagian besar fotografer di seluruh dunia. Pendapatannya pun cukup fantastis, bahkan mencapai $34.000. Jika Anda gemar memotret dan tertarik menjualnya, Anda bisa memanfaatkan situs-situs seperti Shutterstock atau Virtual Society yang menawarkan keuntungan lebih menjanjikan.

13. Jasa Proofreader

Proofreader adalah suatu pekerjaan untuk mengecek kesalahan seperti format, typo serta tata bahasa pada dokumen-dokumen agar siap terbit. Dalam bulan pertama, pekerjaan ini menawarkan penghasilan hingga $3200. Bagi yang menguasai bahasa asing, Anda bisa bergabung dengan Scribendi jika tertarik mencobanya.

14. Menerbitkan e-Book

Bakat menulis novel sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Tanpa harus melalui proses cetak, Anda bisa menjual buku secara online atau e-Book melalui internet. e-Book tidak mengharuskan Anda mengurus proses pengiriman, sehingga lebih mudah dijalankan.

15.  Menekuni Micro Job 

Seperti namanya, micro job atau micro task merupakan pekerjaan simple yang tidak memerlukan keahlian secara khusus. Misalnya, pekerjaan untuk mengecek ulang hasil pencarian suatu kata kunci, menganalisis data, hingga sebagai penerjemah kalimat. Cukup mudah, bukan? Jika tertarik, bergabunglah dengan platform micro job populer seperti Clickworker atau Appen. 

 

Itu dia ulasan mengenai bagaimana cara mendapat uang dari internet tanpa modal dengan cepat dan mudah. Internet memang memberikan kemudahan, namun Anda tetap harus berhati-hati ya dari risiko-risiko seperti kebocoran data dan lainnya. Karena itu, bijaklah dalam menggunakannya, ya!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya