Logo Ruang Menyal
Bg Block

14 Manfaat Menabung untuk Jangka Panjang yang Lebih Baik

Oleh: Ruang Menyala

Last updated: 15 September 2021 | 1130 dilihat

Article Detail

Tahukah kamu bahwa manfaat menabung tidak hanya sebatas mengumpulkan uang untuk masa depan saja? Menabung memang selalu dikaitkan dengan menyimpan sejumlah uang sampai mencapai nilai tertentu. Terlepas dari berbagai jenis tujuan menabung, ada beberapa manfaat lain yang secara tidak sadar bisa kamu dapatkan. 

Lalu, apa saja manfaat menabung, baik untuk seorang anak hingga untuk jangka panjangnya? Yuk, simak artikel berikut!

Manfaat menabung di bank

Untuk mulai menabung, ada banyak cara yang bisa kamu coba, mulai menggunakan celengan hingga membuka rekening di bank. Berbeda dengan menyimpan uang di celengan, menabung di bank memiliki keuntungan tersendiri. Salah satu manfaat menabung di bank ialah kamu bisa menyetor ataupun mengambil dana tabungan dengan mudah dan cepat.

Kamu juga tak perlu khawatir uang tersebut akan hilang dicuri orang karena sebuah bank tentu akan lebih aman. Ada beberapa manfaat menabung di bank lain yang bisa Anda dapatkan. 

1. Belajar hidup hemat

Manfaat menabung di bank yang pertama adalah membiasakan hidup hemat. Kamu bisa menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung di bank secara rutin. Ini akan mencegah kamu menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang berguna.

2. Mencegah berhutang

Bisa kamu bayangkan ketika membutuhkan dana darurat tapi tidak memiliki tabungan. Besar kemungkinan kalau kamu akan berhutang pada teman atau orang terdekat. Meski terlihat sepele, namun tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi keadaan darurat tadi dengan menabung. 

 

Mengapa harus di bank? Jawabannya adalah Anda bisa membagi dan mengontrol pengeluaran secara tertulis. Manfaat di bank ini tentu akan membantu kamu untuk lebih tertata dan mencegah berhutang. 

3. Memahami konsep mengatur keuangan

Memahami dengan baik bagaimana mengatur keuangan juga merupakan salah satu manfaat menabung di bank. Sebab, kamu akan terbiasa mengelola uang ketika menabung. Berapapun nominal penghasilanmu, kamu tetap bisa mengaturnya dengan baik.

Kamu ingin menabung secara rutin, tapi takut lupa? Yuk intip guideline Ruang meNyala : Tips Menabung & Mengatur Pengeluaran untuk anak muda.

Manfaat menabung bagi anak

Tak hanya pada orang dewasa, manfaat menabung juga sangat baik bagi anak-anak, lho. Dengan mulai belajar menabung, hal tersebut tentu akan membentuk kebiasaan serta karakter diri mereka. Adapun manfaat menabung bagi seorang anak ialah sebagai berikut.

1. Melatih Kedisiplinan

Kebiasaan menabung pada anak-anak ternyata bisa melatih kedisiplinannya. Sebab, kegiatan menabung tidak hanya dilakukan dalam satu dua hari saja, namun diharapkan dapat terus berkelanjutan. Dengan begitu, anak-anak akan mulai terbiasa untuk melakukan kebiasaan baik secara rutin. 

2. Melatih Kesabaran

Selain disiplin, menabung juga bisa untuk melatih kesabaran. Anak akan belajar untuk tidak mudah memaksakan apa yang diinginkannya. Dengan begitu, mereka akan memahami pentingnya bersabar dalam mencapai tujuan.

3. Melatih Kemandirian

Bukan hanya kedisiplinan dan kesabaran, anak juga akan terlatih menjadi sosok yang mandiri. Hal ini dikarenakan kebiasaannya dalam mengelola uang jajan yang diberikan padanya. Dengan begitu, mereka akan berusaha bertanggung jawab atas uang yang dimiliki.

4. Melatih Anak Membuat Keputusan Bijak

Manfaat menabung berikutnya ialah melatih anak untuk membuat keputusan bijak. Saat menabung, mereka tidak hanya belajar mengatur uang miliknya. Melainkan, anak akan memikirkan dengan bijaksana sebelum memutuskan untuk menggunakan uangnya tersebut.

Manfaat menabung sejak dini

Terdapat begitu banyak manfaat menabung yang bisa diperoleh bila kamu melakukannya sedini mungkin. Lebih cepat kamu menabung, lebih banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan. Lantas, apa manfaat menabung sejak dini bagi generasi millenial? Ini diantaranya.

1. Sebagai Dana Darurat

Manfaat menabung sedini mungkin salah satunya adalah untuk mempersiapkan dan memiliki dana darurat. Sehingga, saat terjadi hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari, kamu sudah memiliki dana cadangan untuk memenuhi keperluan tersebut. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan untuk mencari pinjaman.

2. Menghargai Uang yang Dimiliki

Kebiasaan menabung akan mendorong kamu untuk selalu menghargai uang yang dimiliki. Ini dikarenakan kamu terbiasa berusaha menahan diri agar tidak menghabiskan uang tersebut begitu saja. Perjuangan saat menabung itulah yang akan membuatmu tidak mudah boros.

3. Memupuk Kebiasaan Menabung Hingga Dewasa

Tak terpungkiri, seseorang yang pintar menabung ialah karena terbiasa. Oleh karena itu, ada baiknya sejak dini kamu telah membangun kebiasaan ini agar kelak saat dewasa menabung bukan lagi hal sulit untuk dilakukan. Jangan sampai nanti kamu malah bingung mengatur keuangan, ya.

Manfaat menabung jangka panjang dan pendek

Selain untuk keperluan jangka pendek, menabung juga sangat berguna untuk mempersiapkan rencana keuangan jangka panjang. Apa manfaat menabung jangka panjang dan pendek tersebut? Berikut ulasannya.

1. Rencana pensiun

Tanpa dana yang cukup, kamu tidak bisa menikmati hari tua dengan tenang. Meski masih cukup lama, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan rencana pensiun sesegera mungkin. Dengan menabung, kamu akan memiliki persiapan dana jangka panjang yang terencana.

2. Pendidikan dan masa depan anak

Agar bisa menyekolahkan anak hingga ke perguruan tinggi, kamu tentu perlu menyiapkan tabungan jangka panjang. Sebab jika tidak, kamu tidak perlu heran heran bila nantinya malah sibuk mencari tambahan penghasilan demi memenuhi kebutuhan masa depan anak yang terus meningkat.

3. Menjaga Aset

Selain itu, menabung untuk jangka panjang bertujuan agar aset yang kamu miliki tetap terjaga. Karena, dengan tabungan yang sudah disiapkan, kamu tidak perlu lagi menjual atau menggadaikan sebagian aset hanya untuk menutupi pengeluaran yang tidak terduga. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir aset tersebut hangus terpakai.

4. Liburan

Sementara, untuk jangka pendeknya, kamu dapat menikmati manfaat menabung dengan melaksanakan liburan bersama keluarga pada setiap akhir tahun. Atau, kamu juga bisa menggunakannya untuk berlibur panjang saat hari tua tiba. Hal ini tentu merupakan dambaan semua orang, termasuk kamu, kan?

Tujuan menabung

Terdapat berbagai tujuan menabung, mulai dari menghemat, dana darurat, atau bahkan mempersiapkan hari tua. Di samping itu, ada pula tujuan menabung lainnya, seperti

1. Merencanakan Penggunaan Uang

Salah satu tujuan menabung ialah untuk merencanakan penggunaan uang sebaik mungkin. Sejak kali pertama memutuskan menabung, kamu tentu memiliki rencana untuk apa uang tersebut akan digunakan di kemudian hari. Entah untuk diberikan kepada orang tua, membeli suatu barang, atau hanya untuk dana cadangan.

2. Investasi

Selain itu, tujuan menabung ialah juga sebagai investasi. Sebagian orang biasanya menyisihkan uangnya untuk menanam modal, seperti di saham, obligasi, atau bahkan emas. Ini bisa menjadi pendapatan pasif kamu yang dihasilkan dari peningkatan nilai uang investasi tersebut.

3. Terhindar dari inflasi

Tahukah kamu, tujuan menabung lainnya ialah agar terhindar dari dampak inflasi. Kenaikan harga barang atau jasa (inflasi) dapat membuat nilai uang berkurang seiring berjalannya waktu. Nah, dengan menabung dan melakukan investasi, kamu jadi tidak perlu risau akan terpapar dampak inflasi tersebut.

 

Nah, itu dia berbagai manfaat dan tujuan menabung yang perlu kamu ketahui. Meski menabung awalnya terasa agak sulit, namun ini tidak akan merugikan kamu kok, melainkan memberi keuntungan di masa depan. Yuk, mulai sejak dini!


undefined Komentar

Max. 0/120 karakter

Konten Lainnya