16 September 2022

12.PASSIVE INCOME

14 Ide Bisnis Minuman Kekinian yang Laris Manis, Pasti Cuan!

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis minuman kekinian menjadi salah satu peluang usaha baru yang menjanjikan dan layak dicoba.

Di samping tak memerlukan modal besar, bisnis minuman juga cukup ramai diminati masyarakat, terutama oleh kalangan anak muda.

Adapun macam-macam minuman kekinian yang sedang tren belakangan ini di antaranya seperti bubble tea, es kopi susu, dalgona, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu tertarik memulai usaha minuman kekinian modal kecil tersebut, berikut terdapat sejumlah ide menu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk intip rekomendasinya!

14 Ide Menu Minuman Kekinian untuk Bisnis

Saat ini, banyak sekali menu minuman kekinian yang digandrungi oleh banyak orang, Berikut ini adalah macam-macam minuman kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam bisnis:

1. Alpukat Kocok

Alpukat kocok adalah minuman kekinian yang bisa jadi pilihan bila ingin menjual menu sehat. Bahan dasarnya, yakni alpukat, es batu, susu kental manis, dan susu bubuk coklat.

Pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan alpukat, kemudian mencampur semua bahan dengan cara dikocok. Susu bubuk coklat biasanya dijadikan sebagai topping.

2. Boba

Popularitas boba di dunia bisnis minuman kekinian sudah tidak diragukan lagi. Namun sebenarnya, boba sudah ada sejak dulu dengan nama bubble tea atau bubble ice.

Secara historis, boba pertama kali muncul di kedai teh tradisional Taiwan. Sekarang, minuman yang terbuat dari tepung tapioka ini bisa ditemukan di mana-mana dengan banyak varian rasa campurannya.

3. Brown Sugar

Minuman dengan campuran brown sugar saat ini disukai banyak orang, seperti kopi, teh tarik, dan susu.

Ide bisnis minuman kekinian dengan brown sugar patut kamu coba. Pembeli yang menyukai rasa manisnya pasti akan memburunya untuk menghilangkan dahaga.

Baca juga: 19 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil dari Rumah, Menjanjikan!

4. Cheese Tea

Ide bisnis minuman kekinian yang satu ini sangatlah unik. Tidak heran jika banyak yang memburu menu ini, terutama para pecinta keju.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan minuman yang dicampur susu lainnya. Namun, cheese tea menggunakan keju sebagai topping.

5. Cold Press Juice

Meskipun mirip seperti jus buah pada umumnya, cold press juice adalah minuman yang disajikan dengan cara berbeda.

Ada alat khusus untuk melumatkan buah dan mengeluarkan sarinya pada minuman ini. Oleh sebab itu, cold press juice lebih cair dibanding jus buah biasnya. Namun, vitaminnya tetap ada.

6. Dalgona Coffee

Dalgona adalah kopi yang sempat viral saat sebuah drama Korea Selatan populer menjadikannya sebagai referensi.

Meskipun masa popularitasnya sudah berlalu, dalgona coffee masih menjadi menu minuman kekinian yang dicari-cari. Tidak ada salahnya menjual minuman ini karena bahannya pun cukup mudah, yaitu kopi, susu, gula, dan air saja.

7. Es Jelly Mangga

Tidak sulit menemukan mangga di Indonesia karena buah ini cukup banyak dijual di pasaran. Oleh karena itu, banyak yang menjual menu es jelly mangga untuk bisnis minuman kekinian.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan jus mangga dengan potongan buahnya dan jelly rasa mangga.

8. Es Kopi Susu

Bisnis minuman kekinian ini patut kamu pertimbangkan. Sebab, pasarnya di Indonesia sudah sangat besar.

Kopi susu yang paling standar dibuat dengan mencampurkan kopi, susu, dan brown sugar. Kamu juga bisa menyajikan variasi lainnya agar rasa kopi susu lebih beragam.

9. Es Susu Matcha

Susu dan matcha adalah salah satu kombinasi yang disukai oleh pembeli dalam bisnis minuman kekinian.

Selain membuat es susu matcha, kamu juga dapat berkreasi dengan bahan yang sama untuk membuat menu-menu bisnis minuman kekinian lainnya, seperti matcha latte atau variasi lainnya.

Baca juga: Inspirasi Membuka Bisnis Dengan Modal Kecil

10. Es Susu Regal

Awalnya ide bisnis minuman kekinian ini dipopulerkan oleh Kopisoe. Namun, sudah banyak yang mengembangkannya sebagai pilihan menu dalam usaha minuman.

Kamu juga bisa mencoba menu ini. Bahan yang diperlukan hanyalah susu full cream dan biskuit Marie regal. Hasilnya adalah minuman dengan perpaduan rasa renyah dan lembut.

11. Jamu Kekinian

Menu untuk ide bisnis minuman kekinian yang satu ini cukup unik karena biasanya hidangkan bagi pecinta ramuan tradisional.

Jamu kekinian ini dihadirkan dengan packaging yang lebih menarik dan bisa dikonsumsi dalam suhu apapun. Dengan demikian, khasiat jamu juga bisa dirasakan oleh kaum muda.

12. Minuman Coklat Kekinian

Hampir semua anak muda menyukai coklat. Rasanya yang manis bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Minuman coklat bisa diolah dalam berbagai variasi. Misalnya, agar menambah kesan kekinian hanya perlu ditambahkan boba ataupun pelengkap lainnya. 

13. Thai Tea

Thai tea adalah teh khas yang berasal dari Thailand. Menu minuman kekinian ini bisa disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Untuk pelengkapnya, thai tea bisa disajikan bersama boba ataupun topping seperti jelly, lidah buaya, dan lain sebagainya.

14. Yogurt Tea

Seperti kebanyakan menu minuman lainnya, teh juga bisa dicampurkan dengan yogurt. Minuman susu fermentasi ini akan menghasilkan rasa segar pada teh.

Biasanya menu bisnis minuman kekinian yang satu ini disajikan dalam kondisi suhu rendah atau dingin. 

Baca juga: 15 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dicoba!

Strategi Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Ada beberapa strategi yang dapat kamu pertimbangan dalam memulai bisnis minuman kekinian. Langkah-langkah yang dapat dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sesuaikan Usaha dengan Ketersediaan Modal

Jika kamu baru memulai usaha dan memiliki sedikit modal, sebenarnya tidak ada salahnya merintis dari kecil terlebih dahulu.

Kamu dapat memulai usaha minuman kekinian modal kecil tanpa perlu mencari tambahan dana. Maksimalkan apa yang dimiliki dan lakukan riset pasar dengan baik.

2. Dirikan Usaha di Lokasi Strategis

Lokasi strategis adalah salah satu faktor keberhasilan usaha. Pastikan bisnis minuman kekinian yang dijalankan sudah didirikan di lokasi yang tepat.

Sesuaikan dengan target konsumen dan kebiasaan mereka. Jika dilakukan dengan tepat, ini bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

3. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Bahan-bahan berkualitas adalah faktor penting dalam menjalankan bisnis minuman kekinian. Jangan sampai mengorbankan mutu bahan baku demi menekan biaya operasional.

Pastikan bahan pilihan telah sesuai dengan standar. Minuman yang sehat dan nikmat tentu bisa menjadi keunggulan tersendiri.

4. Berikan Packaging yang Unik

Terkadang, konsumen tertarik untuk membeli suatu minuman bukan karena rasanya, melainkan packaging-nya.

Ini bisa disiasati dengan menyajikan packaging yang bentuknya khas, desainnya menarik, daya tahannya kuat, ataupun kualitas lainnya.

Dengan demikian, bisnis minuman kekinian bisa lebih berkesan bahkan dapat menggait lebih banyak konsumen.

5. Ciptakan Varian Menu yang Menarik

Agar bisnis minuman kekinian tidak monoton dan dapat bersaing di tengah arus tren, ada baiknya kamu menciptakan varian menu yang menarik.

Strategi ini patut dipertimbangkan, terutama jika bisnis minuman kekinian yang kamu jalankan mulai kehilangan minat konsumen.

Baca juga: Bisnis Kuliner Yuk!

6. Buat Menu Hidangan Pelengkap

Saat ini, sudah menjadi pemandangan yang tidak asing dalam sebuah bisnis minuman kekinian untuk menyajikan variasi menu berupa hidangan pelengkap.

Umumnya, hidangan yang disajikan ringan dan mudah dibawa kemana-mana seperti minumannya. Contoh menu hidangan tersebut, seperti biskuit, roti, hash brown, dan lainnya.

7. Promosikan Bisnis Melalui Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat membantu dalam pemasaran usaha. Sebab, proses persebaran informasinya sangat cepat.

Jika kamu ingin usaha minuman kekinian modal kecil lebih berkembang, manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen, promosi, maupun melakukan kampanye bisnis.

8. Kolaborasi dengan Komunitas

Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengusaha minuman kekinian adalah melewatkan banyak peluang, salah satunya seperti bekerja sama dengan komunitas.

Saat ini bisnis bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga kolaborasi. Oleh karena itu, coba carilah peluang dengan komunitas.

Komunitas juga bisa membantu memperluas pasar, terutama karena keragaman fokus usaha. Dengan demikian, bisnis minuman kekinian bisa awet karena konsumen yang variatif.

9. Lakukan Semua Hal dengan Konsisten

Konsisten adalah kunci keberhasilan bagi suatu usaha. Tidak perlu banyak membuat perubahan hanya karena tren berganti-ganti, jika sudah membangun bisnis minuman kekinian yang perlu dilakukan tinggal berinovasi dan adaptasi.

Cara yang bisa dilakukan pada bisnis minuman kekinian, yakni inovasi varian rasa, topping, packaging, dan lainnya. 

Sementara untuk adaptasi yakni dengan sedikit menyesuaikan tren apabila memang relevan dengan usaha.

Nah, dari berbagai ide menu minuman kekinian di atas, manakah yang akan menjadi pilihan bisnis kamu?

Tak dapat dipungkiri, bisnis minuman kekinian memang cukup menarik melihat trennya yang terus berkembang dan ramai diminati.

Kamu bisa sesuaikan dengan perkembangan tren tersebut untuk menentukan yang terbaik. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!


Baca juga: 7 Mindset yang Bisa Membuat Kamu Menjadi Pebisnis Sukses

0 comments

MENYALA
PROMO

Nikmati berbagai promo menarik yang bikin kantongmu selalu financially fit!